Persebaya Buru Kemenangan di Laga Kandang

Minggu, 26 Oktober 2014 – 07:31 WIB
Rahmad Darmawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Kembali menjalani laga kandang kontra Pelita Bandung Raya (PBR) di Stadion Gelora Bung Tomo, malam nanti harus bisa dimaksimalkan skuad Persebaya Surabaya.

Itu kalau mereka masih ingin mau melanjutkan kiprah mereka di babak semifinal ISL 2014 ini. Kemenangan atas PBR nanti menjadi harga mutlak yang harus bisa diraih skuad asuhan Rahmad Darmawan itu.

BACA JUGA: Ada Flare, Poin Persib Dipotong Tiga

Persebaya musim ini boleh saja diisi skuad mentereng dengan dukungan dana yang besar. Namun, menjelang dua laga sisa di babak delapan besar grup 2 ISL 2014 ini, Persebaya mulai kehilangan tajinya.

Cedera sejumlah pemain pilar plus tunggakan gaji yang dialami Greg Nwokolo dkk itu menjadi batu sandungan pemain dalam mengeluarkan permainan terbaiknya.

BACA JUGA: Lebih Cepat dan Harus Fokus

Tetapi, bermain didepan publik sendiri di Surabaya, motivasi tinggi terus diupayakan RD untuk skuadnya agar bisa mengamankan poin penuh di kandang. Posisi Persebaya yang saat ini sebagai juru kunci dengan tiga poin menjadi peringatan khusus buat mereka untuk segera bangkit demi lolos ke babak semifinal.

Meskipun belum kalah, Persebaya saat ini memperlihatkan penurunan permainan dan juga agresivitas mereka. Berbeda, tidak seperti saat mereka tampil impresif di babak reguler dengan mengantarkan Emmanuel Pacho sebagai top skor sementara liga.

BACA JUGA: MU v Chelsea, Tamu Sedang Pincang

RD dalam pernyataannya menjelaskan bahwa kelelahan masih menjadi masalah buat skuadnya saat ini. Selain itu belum pulihnya sejumlah pemain pilar juga terbukti mereduksi kekuatan tim yang memuncaki klasemen wilayah timur di babak reguler lalu.

Namun, pemain pelapis Persebaya juga mampu menunjukkan bukti nyata saat melawan Persib di laga terakhir Persebaya.

"Yang menjadi catatan saya adalah konsentrasi pemain sempat kendor dalam 90 menit pertandingan. Padahal saya sudah ingatkan mereka untuk tetap fokus dan konsisten dalam permainan," terang mantan pelatih timnas Indonesia U-23 itu.

Menurutnya, kelelahan menjadi faktor utama skuadnya mengalami hilang konsentrasi di akhir-akhir pertandingan.

"Memang demikian, kalau mereka sudah kelelahan, konsentrasi menurun dan akibatnya salah passing pun terjadi, ini yang tidak saya inginkan di laga lawan PBR nanti," tegasnya.

Mengenai PBR, RD bakal mewaspadai pergerakan kedua sisi sayap mereka yang diisi T.A Mushafry dan David Laly. Meski berpostur mungil, kedua pemain ini cukup merepotkan lini belakang Persebaya di pertemuan pertama babak delapan besar yang berakhir imbang (0-0).

Jangan lupakan pula, striker gaek, Bambang Pamungkas yang kini terus mendapatkan kepercayaan Dejan Antonic, pelatih PBR.

"PBR skuad yang cukup solid dalam bermain. Mereka tampil ulet pun demikian dalam transisi cepat melakukan perubahan, itu bisa membahayakan kami," lanjut RD.

Namun, RD menyatakan secara kualitas pemain, seharusnya pemainnya bisa lebih baik dari pada pemain PBR yang akan dihadapi nanti.

Terpisah, manajer PBR, Rawindra Ditya menjelaskan bahwa kondisi skuadnya tak jauh berbeda dengan Persebaya. Pasalnya, beberapa pemainnya juga harus absen.

Sebagaimana diketahui, Boban Nikolic dan Paturrahman mendapatkan akumulasi kartu, sedangkan striker andalan mereka, Gaston castano tengah cedera.

"Ini adalah laga penting buat kami, sebab kemenangan di GbT besok (hari ini, Red) akan membuat peluang kami lolos ke babak semifinal makin terbuka, saya rasa hal yang sama juga diharapkan Persebaya," tegasnya.

Namun, yang menjadi modal berharga skuad berjuluk The Boys Are Back ini adalah kemenangan tipis (1-0) atas Mitra Kukar di laga sebelumnya. (nap)


Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-2-3-1): 1-Jendry Pitoy (G); 59-Hasim Kipuw, 29-Ambrizal, 44-OK John, 3-Vava Mario; 5-Zaenal Haq, 25-Manahati Lestusen; 20-Novri Setiawan,"""" """" 81-Muhammad Ilham, 99-Isaac Pupo; 55-Emmanuel "Pacho" Kenmogne
Pelatih: Rahmad Darmawan

PBR (4-3-3): 12-ROMANOVS (G); "6-Dias Angga, 16-Hermawan, 30-Nova Ariyanto 22-Wildansyah; 3-Kim Jeffrey, 88-Rizky Pellu, 11-Agus Indra; 29-T.A. Mushafry, 20-Bambang Pamungkas (c), 91-David Laly
Pelatih: Dejan Antonic

Wasit : Suyanto
Stadion : Gelora Bung Tomo, Surabaya
Live:  Global TV, pukul 19.00

BACA ARTIKEL LAINNYA... PSG Hajar Bordeaux 3-0


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler