Persebaya v PS Bengkulu

Waspada Motivasi Berlipat Lawan

Sabtu, 11 Februari 2012 – 08:50 WIB

SURABAYA - Persebaya Surabaya terus mencari mangsa untuk disikat. Dalam kompetisi Divisi Utama PT.Liga Indonesia (LI) malam ini (11/2) di Stadion Gelora 10 Nopember, Cucu Hidayat dkk mengincar rekor tak terkalahkan berlanjut pada pertandingan keenamnya. (siaran langsung AnTV 18.30 WIB).

Persebaya memiliki catatan positif di musim ini. Hingga lima pertandingan yang dijalani di grup 1, gawang Persebaya baru kebobolan sebanyak dua gol. Jumlah tersebut menjadi angka paling sedikit diantara semua kontestan yang berlaga Divisi Utama. Sedang di sektor depan, sembilan gol sudah dilesakkan para pemain Persebaya.

Prediksi di atas kertas Persebaya bisa menekuk lawannya. Dilihat di klasemen keduanya berbeda enam setrip. Persebaya di peringkat kedua sementara PS Bengkulu di peringkat kedelapan.

"Kami tak mau menganggap remeh semua lawan yang ada. Dan itu tak boleh terjadi. Itu bisa menjadi bumerang buat tim kami," kata pelatih Persebaya Subangkit kemarin (10/2).

Justru karena jarak keduanya cukup lumayan di papan klasemen, Bangkit yakin tim tamu pasti mengusung semangat yang berlipat. Lagipula mengalahkan tim sekelas Persebaya bakal menimbulkan gengsi tersendiri.

Untuk meredam kekuatan sang lawan, Bangkit akan kembali memainkan the winning team. Skuad tersebut sudah teruji saat mengalahkan Persitara Jakarta Utara pekan lalu dengan skor 2-0. Diantara nama yang menjadi starter pekan lalu, mungkin hanya Bayu Nugroho yang dicadangkan dan diganti Basuki.

Kekuatan permainan Persebaya ada pada pergerakan lincah dari dua sayapnya. Yakni Basuki di sektor kiri dan Imam Yulianto di sektor kanan. Kapten tim Cucu Hidayat akan bahu membahu dengan Enjang Rohiman dalam menopang lini tengah Persebaya.

Kiprah kiper muda Persebaya Thomas Ryan Bayu layak dicermati dalam pertandingan ini. Dengan absennya kiper utama Ngadiono, sudah saatnya Thomas diberi panggung pembuktian diri. Maklum, tahun 2011 lalu Thomas termasuk salah satu pemain yang tercoret dalam seleksi timnas U-23 proyeksi SEA Games 2011.

"Saya kira Thomas secara mental dan fisik sangat pantas berada di tim utama. Dia cekatan, lincah, dan reflek menghalau bolanya teruji," puji Bangkit terhadap anak asuhnya itu. Saat lawan Laskar Si Pitung, julukan Persitara, Thomas bermain penuh 90 menit dan tak kebobolan.

Di sisi lain, pelatih PS Bengkul M.Nizar menyatakan timnya memang dalam kondisi "terluka". "Pekan lalu kami dikerjai habis-habisan di Jogja oleh PSIM. Skor 2-1 untuk tuan rumah saya rasa tak adil," ujar Nizar.

Tak heran dalam laga melawan Persebaya ini, mantan pemain PS Bengkulu itu berharap timnya mampu menghadirkan kejutan. "Kalau wasitnya adil, saya target menang di Surabaya ini," ucap Nizar lagi.

Senjata utama tim Tobo Kito, julukan PS Bengkulu, ada pada kreasi kapten sekaligus gelandang serang Rossi Gutawa. Mantan pemain Persema Malang sudah menyumbangkan satu gol bagi timnya.

Nizar lalu menyebut akan berupaya memberikan pengawalan ketat pada duet penyerang Persebaya, Richard Obiora-Charles Parker. Dua pemain tersebut memang produktif. Lima dari sembilan gol Persebaya adalah sumbangan keduanya. (dra)

Perkiraan Pemain
Persebaya (4-4-2) : 1-Thomas Ryan (pg); 2-Imam Yulianto, 5-Zaenal Abidin, 25-Muhammadou Al Haji, 6-M.Hamzah; 88-Nur Hidayat, 17-Cucu Hidayat (c), 7-Enjang Rohiman, 11-Basuki; 32-Richard Obiora, 9-Charles Parker
Pelatih : Subangkit

PS Bengkulu (4-4-2) : 45-Rahmad Afriadi (pg); 5-Hari Kurniawan, 12-Roni Rosade, 23-Rival Jandera, 24-Ari Wibowo; 7-Ray Juniansyah, 11-Ervin Rianto, 21-Rossi Gutawa (c), 25-Aidil Wahyudi; 10-Abdurahman Aziz, 13-Nova Hermawan
Pelatih : M.Nazir


BACA ARTIKEL LAINNYA... Evra-Suarez Bikin Panas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler