Persebaya vs Barito Putera: Lebih Tenang, Bisa Menang

Minggu, 08 April 2018 – 06:25 WIB
David da Silva (tengah), striker Persebaya melakukan selebrasi usai menjebol gawang tim Persela pada pertandingan Liga 1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (30/3). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya vs Barito Putera dalam laga pekan ketiga Liga 1 2018 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (8/4), siaran langsung Indosiar pukul 15.30 WIB.

Selama ini, penguasaan bola dan serangan dari sayap menjadi ciri khas Persebaya Surabaya. Mereka bisa mendominasi lawan, tapi tetap saja masih kesulitan dalam penyelesaian akhir.

BACA JUGA: Milo: Kemenangan Kami Atas Sriwijaya FC sudah Sesuai Harapan

Persebaya baru mencetak dua gol dalam dua pertandingan. Padahal, mereka melepas 35 tembakan. Ketika menang atas Perseru Serui 1-0 (25/3), Persebaya punya empat tembakan ke gawang. Sedangkan saat imbang 2-2 dengan Persela Lamongan tercatat ada delapan tembakan akurat.

Klub berjuluk Green Force itu juga memiliki 17 umpan kunci. Sayang, kolaborasi Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando yang menopang Rishadi Fauzi sebagai ujung tombak kurang maksimal dalam penyelesaian akhir. Beruntung, kini mereka memiliki striker asal Brasil David da Silva.

BACA JUGA: Konate: Kami Harus Fokus ke Persipura Usai Kalah di Madura

Da Silva baru sekali dimainkan sebagai pengganti ketika melawan Persela dan langsung mencetak gol. Kemungkinan, dia akan berposisi sebagai ujung tombak Persebaya hari ini dan ditopang oleh Feri Pahabol dan Osvaldo Haay sebagai winger kanan dan kiri.

Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera juga menegaskan akan ada rotasi. Kebijakan itu diharapkan bisa menjadi solusi bagi kurang tajamnya daya serang lini depan Persebaya.

BACA JUGA: Kalah di Madura, RD: Kartu Merah Ndiaye Merubah Segalanya

”Kami masih kurang tenang untuk cetak gol,” ujar pelatih yang membawa Persebaya juara Liga 2 musim lalu.

Da Silva dinilai lebih tenang ketimbang Rishadi. Selain itu, ada Pahabol yang selama pramusim bermain cukup apik. Adapun Osvaldo, masih jarang bermain bersama skuad utama karena panggilan timnas U-23 Indonesia dan beberapa kali turun sebagai pengganti kurang optimal.

Namun, dengan pengalaman bermain di level atas yang lebih baik ketimbang Irfan maupun Oktafianus, Osvaldo diyakini bisa lebih optimal hari ini dalam menyokong Da Silva. ”Kami memang ingin menang. Tapi, menang dengan skor besar kan jauh lebih tenang,” kata pelatih 45 tahun itu.

Di sisi lain, Barito Putera yang belum pernah menang pada dua pekan awal Liga 1 juga datang dengan kepercayaan diri bagus. Pelatih Jacksen F Tiago bahkan memasang target menang hari ini. ”Kami sudah persiapkan tim dalam satu pekan terakhir. Kami sangat siap,” kata pelatih asal Brasil itu.

Selain itu, kekuatan Barito Putera akan bertambah, terutama di jantung pertahanan dengan pulihnya Hansamu Yama yang sebelumnya absen karena cedera tulang rusuk. Sayang, yang agak mengkhawatirkan justru Samsul Arif, sang striker utama. Sebab, kaki kanannya diperban dalam latihan kemarin di GBT.

Jacksen belum memastikan kondisi Samsul. ”Kami akan konsultasi ke tim medis,” kata Jacksen. Namun, kemungkinan besar Samsul tetap dipaksakan tampil. Kalaupun absen, sang pelatih tak khawatir. ”Kami bawa 20 pemain untuk antisipasi hal ini (cedera, Red). Semua pemain siap,” terangnya. (gus/ham)

Perkiraan pemain Persebaya vs Barito Putera

Persebaya Surabaya (4-3-3) : 33-Miswar Saputra (g); 22-Abu Rizal Maulana, 5-Otavio Dutra, 13-Rachmat Irianto, 14-Ruben Sanadi; 6-Misbakus Solihin (k), 90-Nelson Alom, 10-Robertino Pugliara; 11-Ferinando Pahabol, 17-David da Silva, 20-Osvaldo Haay

Pelatih : Angel Alfredo Vera

Barito Putera (4-4-2) : 20-Aditya Harlan (g); 13-Ronny Esar Beroperay, 23-Hansamu Yama, 2-Aaron Evans, 14-Nazar Nurzaidin; 7-Matias Cordoba, 17-Paulo Sitanggang, 24-Fajar Handika, 18-Gavin Kwan Adsit; 10-Douglas Packer, 9-Samsul Arif (k)

Pelatih : Jacksen F Tiago

Stadion : Gelora Bung Tomo, Surabaya

Kick off : 15.30 (Live Indosiar)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Liga 1 2018 Persib vs Mitra Kukar, Harus Cepat Cetak Gol


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler