Persiapan Akhir dan Pematangan Teknik

Sanksi Simon Turun Setelah Kejuaraan Dunia

Senin, 22 Juli 2013 – 07:09 WIB
JAKARTA - Skuat bulu tangkis Indonesia memasuki tahap akhir persiapan menuju kejuaraan dunia. Dalam even dua tahunan yang digelar di Guangzhou, Tiongkok 5-11 Agustus itu, Indonesia menempatkan 28 pemainnya. Dan 22 diantaranya adalah penggawa pelatnas.

Di kejuaraan tunggal paling bergengsi itu, Indonesia terakhir menorehkan gelar juara tahun 2007 lalu. Yakni dari sektor ganda putra (Markis Kido/Hendra Setiawan) dan ganda campuran (Nova Widianto/Liliyana Natsir).

Nah, kabidbinpres PB PBSI Rexy Mainaky menuturkan kondisi pemain pelatnas sudah 90 persen siap. Setelah digenjot fisik sejak akhir bulan Juni lalu, kini persiapan Sony Dwi Kuncoro dkk adalah memantapkan soal teknik dan menganalisis permainan lewat rekaman video.

Dari lima kategori yang dimainkan bukan rahasia lagi kalau sektor ganda putra dan ganda campuran menjadi tumpuan. Meski tak mau hal tersebut menjadi beban, pria asal Ternate itu menyebutkan itulah resiko menjadi garda depan bulu tangkis Merah Putih.

"Saya kira pemain-pemain di sektor itu sudah tahu kalau jadi harapan. Jadi gak perlu dibikin beban. Pemain malah harus selalu siap dengan kondisi apa saja yang ada di depannya," kata Rexy saat dihubungi kemarin.

Dalam pengumuman BWF paling akhir nama pebulutangkis yang ikut Jumat (19/7) lalu, tiga nama pemain Indonesia berhasil masuk. Yakni Dionysius Hayom Rumbaka, Bellaetrix Manuputty, dan Adrianti Firdasari. 

Di antara tiga nama paling akhir tersebut, Rexy berharap kejutan akan dihasilkan Bella, sapaan Bellaetrix Manuputty. Hal itu mengacu berkat pencapaian Bella di babak perempatfinal superseries premier Indonesia Open bulan lalu.

"Bella saya kira bisa berbuat lebih banyak. Secara kondisi fisik, saya kira semuanya sudah siap. TInggal secara psikologis sejauh apa nanti pemain bisa melihat seberapa penting kejuaraan dunia bagi dia dan kemajuan karir dia," tutur Rexy.

Mengenai tunggal putra Simon Santoso yang mundur pada Indonesia Open lalu karena mendadak sakit pinggang juga sudah fit. Dari hasil pemeriksaan medis dan fisioterapi pelatnas, Simon tak ada gangguan kesehatan.

Disinggung soal sanksi PB PBSI kepada Simon karena mengundurkan diri dari Indonesia Open, Rexy berkata baru diumumkan setelah kejuaraan dunia. "Biar dia fokus dan kita lihat apa yang dia hasilkan di kejuaraan dunia," ucap Rexy.

Di sisi lain, ada 20 pemain Indonesia yang langsung masuk ke babak utama kejuaraan dunia ini. di tunggal putra Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro. Di ganda putra Angga Pratama/Ryan Agung Saputro, Hendra Setiawan/M.Ahsan, dan Markis Kido/Alvent Yulianto.

Di tunggal putri hanya Linda Wenifanetri. Di ganda putri Pia Zebadiah/Rizki Amalia dan Gebby Ristiyani/Tiara Rosalia. Lalu di ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Fran Kurniawan/Shendy Puspa, M.Rijal/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Drawing pertandingan akan dilakukan hari ini (22/7) di Guangzhou. (dra)

Daftar pemain Indonesia di kejuaraan dunia
Tunggal putra : Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka
Tunggal putri : Linda Wenifanetri, Aprilia Yuswandari,Adrianti Firdasari, Bellaetrix Manuputty
Ganda putra : Angga Pratama/Ryan Agung Saputro, Hendra Setiawan/M.Ahsan, Markis Kido/Alvent Yulianto*, Yonathan Suryatama/Hendra Aprida*
Ganda putri : Pia Zebadiah/Rizki Amalia*,Gebby Ristiyani/Tiara Rosalia
Ganda campuran :Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Fran Kurniawan/Shendy Puspa, M.Rijal/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili

Ket * : pemain non pelatnas

BACA ARTIKEL LAINNYA... MU Dekati Fabregas dengan Gaji Rp 3 Miliar per Pekan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler