Persiapan Persipura Tidak Maksimal

Senin, 13 Februari 2012 – 08:27 WIB

JAKARTA - Persipura Jayapura langsung bergerak cepat bersiap diri menghadapi Adelaide United di laga plao off Liga Champions Asia (LCA) yang akan digelar di Hindmarsh Stadium, kandang Adelaide, 16 Februari lusa.

Persiapan serba cepat dilakukan setelah AFC mengirimkan surat kepastian laga play off yang ditantangtangani Sekjen AFC Alex Sossay yang ditujukan kepada Sekjen PSSI Tri Goestoro tertanggal 10 Februari kemarin.

Karena serba mendadak, persiapan tim juara Indonesia Super League (ISL) musim lalu itu pun jauh dari maksimal. Baik dari segi teknis dan adminstratif.  Hal itu diungkapkan pelatih Persipura Jacksen Tiago kepada koran ini kemarin. "Kita baru tahu kepastian pertandingan ini dua hari lalu. Jadi semua persiapan kami serba mendadak," kata Jacksen.

Kesulitan lain yang dihadapi Persipura adalah sulitnya mencari lapangan latihan selama persiapan di Jakarta. Karena tidak mendapatkan lapangan yang memenuhi syarat, dengan terpaksa kemarin Boaz Salossa dkk hanya berlatih di salah satu lapangan futsal di Jakarta.   

Meski serba tidak msksimal, Jacksen menegaskan  Persipura siap menantang Adelaide untuk berebut tiket babak penyisihan grup. Menurutnya, dengan kondisi yang ada saat ini dan apa yang terjadi di persepakbolaan tanah air, ada satu hal yang menjadi suntikan semangat bagi Boaz Salossa dkk. Apa itu? Ini ( bertanding di play off LCA) adalah hasil manis dari sebuah perjuangan. 

"Putusan CAS adalah anugerah dari Tuhan. Meski bermain di ISL yang katanya ilegal, Persipura akan tetap tercantum website AFC sebagai peserta LCA. Itu yang terpenting," beber Jacksen.

Persipura akan bertolak Selasa malam lusa (14/2). Tim berjuluk tim Mutiara HItam itu akan membawa 19 pemain. Mengenai lawan yang akan dihadapi Jacksen mengungkapkan jika Adelaide sebagai tim yang sulit dikalahkan. Mereka juga sangat focus menyongsong play off LCA ini.  "Adelaide saat ini memang tidak berada di papan atas liga Australia. Tapi itu yang malah berbahaya. Sebab itu menunjukkan jika Adelaide sangat focus ke LCA," tegasnya.

Seperti diketahui setelah melalui prioses panjanag AFC akhrinya bersurat ke PSSI. Isinya, Komite Kompetisi AFC menyetujui bahwa pertandingan playoff ACL antara Adelaide United dan Persipura Jayapura akan dimainkan pada 16 Februari 2012 di Hindmarsh Stadium, Adelaide. Pertandingan akan dimulai pada 19.30 waktu setempat.

Komite juga menyetujui bahwa pihak yang kalah pada pertandingan playoff ACL antara Adelaide United dan Persipura Jayapura tidak akan masuk ke babak penyisihan grup AFC Cup, yang dengan demikian akan mempertahankan jadwal yang sudah ada dan integritas dari kompetisi AFC Cup. Pihak yang kalah pada pertandingan playoff ACL akan keluar dari kompetisi klub AFC 2012 dan pihak yang menang akan berpartisipasi pada babak penyisihan grup ACL 2012.

Selain itu Komite menyetujui bahwa jika Persipura Jayapura lolos ke babak penyisihan grup ACL dan nantinya didiskualifikasi karena putusan akhir CAS (yang mungkin bertentangan dengan putusan sela) sebelum 6 Maret, Adelaide United akan menggantikan Persipura Jayapura untuk berpartisipasi pada babak penyisihan grup ACL. (ali)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panas, Persebaya Gagal Menang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler