Persiapkan Pelatih Lokal

Minggu, 18 Juli 2010 – 05:02 WIB
LONDON - Status Fabio Capello sebagai pelatih timnas Inggris tak goyah sekalipun Inggris gagal bersinar di Piala Dunia 2010 Afrika SelatanPelatih asal Italia itu tetap dipertahankan FA (asosiasi sepak bola Inggris) hingga kontraknya berakhir.
   
Ya, Capello masih akan membesut Three Lions (julukan Inggris) pada Euro 2012

BACA JUGA: Tak Buru-Buru Tentukan Pengganti Dunga

Namun, setelah itu, FA sudah punya rencana lain
Mereka bakal berpaling ke pelatih lokal untuk menjadi suksesor Capello

BACA JUGA: Fergie Dua Kali Tolak Timnas Inggris

Terobosan baru bagi FA.
   
"Target jangka pendek kami akan prestasi pada Euro 2012, tapi dalam dua tahun ke depan, yang menjadi sasaran kerja kami adalah mempersiapkan dan membangun masa depan pelatih asal Inggris," kata Sir Trevor Brooking, direktur FA, seperti dilansir AFP.
   
FA menyadari, kaderisasi pelatih asli Inggris menjadi kebutuhan yang sangat mendesak
Sebab, dalam satu dekade terakhir, Inggris sudah dua kali menggunakan pelatih asing, yakni pelatih asal Swedia Sven Goran Eriksson (2001-2006) dan Capello.
   
Di antara era kedua pelatih asing itu, ada Steve McClaren, pelatih asal Inggris

BACA JUGA: Dari Anggap Rumors, Hingga Not For Sale

Namun, prestasinya sangat jeblokDi tangan pelatih Wolfsburg itu Inggris gagal tampil di Euro 2008Mereka hanya menjadi penonton lantaran performa labil di kualifikasi.
   
Kondisi itu membuat FA gusarMereka mulai memberikan perhatian dalam pembinaan pelatih muda di InggrisKenyataannya, pelatih asli Inggris memang sulit bersaing di dalam negeriLihat saja komposisi manajer pada klub Premier League.
   
Di awal musim lalu, hanya ada enam pelatih asal Inggris yang beredarMereka adalah Sam Allardyce (Blackburn Rovers), Paul Hart (Portmouth), Phil Brown (Hull City), Roy Hodgson (Fulham), Harry Redknapp (Tottenham Hotspur), dan Steve Bruce (Sunderland).
   
Di tengah jalan, Hart dipecat Portsmouth dan Brown dilepas HullDari segelintir pelatih asal Inggris itu, hanya Hodgson dan Redknapp yang terbilang suksesSisanya biasa sajaMereka kalah bersaing dengan tactician asing yang merajalela.
   
Di jajaran elite, yang biasa disebut The Big Four, tidak ada satu pun pelatih asal InggrisLihat saja, Manchester United dibesut orang Skotlandia Sir Alex Ferguson, Chelsea dilatih Carlo Ancelotti (Italia), Arsenal ditukangi Arsene Wenger (Prancis), dan Rafael Benitez (Spanyol) di Liverpool.
   
Musim depan cukup mendingan, karena Hodgson melatih LiverpoolNamun, secara umum, Premier League dikuasai para tactician asingNegara dengan tradisi sepak bola lebih payah dari Inggris, yakni Skotlandia saja bisa mewakilkan empat pelatih.
   
"Saya pikir dalam jangka waktu panjang, setelah Fabio, kami ingin pelatih yang berasal dari InggrisKami ingin memberikan kesempatan pada para pelatih lokal dan Fabio akan menolong kami menipiskan kesenjangan kualitas itu," kata Brooking(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Optimis Taklukkan Macan Kemayoran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler