Persib Abaikan Penilaian TSG

Senin, 25 Maret 2013 – 08:46 WIB
MESKI memiliki materi pemain bertabur bintang, tak nampak satupun punggawa Persib Bandung yang masuk ke jajaran the best player versi tim Technical Study Group (TSG).

Menurut Djadjang Nurdjaman selaku pelatih kepala Maung Bandung, itu hanyalah sebagai penilaian saja. Akan tetapi jika melihat kondisi saat ini, di mana keenam punggawanya terpanggil untuk membela timnas yakni I Made Wirawan, Tony Sucipto, Supardi, M Ridwan, Firman Utina dan Serginho ‘Sergio’ van Dijk, tentunya hal itu dapat dijadikan satu masukan jika timnya merupakan salah satu tim terbaik dan menjadi penyumbang pemain terbanyak dalam membela timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Pra Piala Asia 2015.

Apalagi, menurut Djanur-sapaan akrab Djadjang Nurdaman-saat timnas dihempaskan Arab Saudi dalam babak penyisihan PPA 2012 yang digelar di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3) kemarin, timnas langsung memainkan tiga punggawanya yakni Supardi, M Ridwan dan Sergio untuk masuk dalam starting lineup pemain.

Jelas, dikatakan Djanur timnya memiliki pemain yang dapat diandalkan untuk membela negaranya, “Bagi saya, ukurannya sangat mudah. Enam pemain kita dipanggil timnas. Itu artinya kita punya pemain terbaik," ujar Djanur di Mes Persib Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung belum lama ini.

Seperti dilansir PT Liga Indonesia, TSG tidak hanya menentukan pemain dan pelatih terbaik setiap bulan. Mereka juga menentukan, komposisi starting eleven terbaik setiap bulan dan sepuluh gol terbaik, dari kompetisi  Indonesian Super League (ISL) musim ini.

TSG sendiri merupakan bagian dari High Performance Grup (HPG), yang bertugas untuk menganalisa secara teknis, seluruh pertandingan ISL dan juga menentukan individu yang layak mendapat penghargaan. Tim ini terdiri dari Joppie Lepel, Yeyen Tumena, Demis Djamaoeddin, dan Tommy Welly.

Setelah melakukan pembahasan dan diskusi mendalam selama tiga pekan terakhir, tim TSG telah menentukan pemain terbaik, pelatih terbaik dan best eleven untuk bulan Januari hingga Februari lalu.

"Kita melakukan diskusi secara komperehensif, dengan mempertimbangan banyak hal dalam penilaian. Untuk player of the month, kriterianya dilihat dari produktivitas gol, catatan hattrick, konsistensi permainan dalam sebulan, statistik, minute of play, handicap game, bobot lawan, dan fair play," ucap Tommy.

Untuk kategori Player of The Month bulan Januari 2013, penghargaan sebagai yang terbaik jatuh kepada pemain asal Persisam Putra Samarinda, Lancine Kone.

"Dua nominasi akhir Pemain Terbaik bulan Januari, adalah Lancine Kone dan Cristian Gonzales. Di bulan itu, keduanya sama-sama mencetak 4 gol, namun Kone unggul dalam beberapa kriteria lainnya. diantaranya, Kone mampu mencetak dua gol di laga away, sedangkan gol Gonzales seluruhnya tercipta di kandang sendiri. Kone juga bersih dari hukuman Kartu Kuning," jelas Tommy.

Sedangkan untuk penghargaan Player of the Month bulan Februari 2013, diberikan kepada Alberto Goncalves dari Arema Indonesia. Striker asal Brasil itu, menyingkirkan dua nominasi kuat lainnya, yang tampil bagus di bulan Januari, yakni Cristian Gonzales dan Boaz Solossa.

Untuk kategori pelatih, Sartono Anwar terpilih sebagai pelatih terbaik bulan Januari 2013. Pada bulan ini, Sartono bersaing ketat dengan pelatih Mitra Kukar, Stefan Hansson. Namun, Sartono lebih unggul dalam pemenuhan kriteria yang ditetapkan.

“Ada empat kriteria utama untuk pelatih terbaik. Kita menilainya dari patron permainan, hasil pertandingan, skuad yang dimiliki dan Demand of the Game, seperti strategi, dan peran pelatih dalam mengubah permainan," terang komentator yang akrab disapa Towel tersebut.

Sementara untuk penghargaan Coach of The Month bulan Februari, penghargaaan diberikan kepada Rahmad Darmawan, dari Arema Indonesia. Pelatih yang kini menangani timnas untuk laga melawan Saudi Arabia ini, mengalahkan dua pesaing kuatnya di bulan Februari, yakni Stefan Hansson dan Jacksen F Tiago.(gin)

Berdasarkan diskusi dengan seluruh anggota TSG, diputuskan The Best Starting Eleven (XI) ISL untuk bulan Januari 2013 adalah sebagai berikut :

GK : Choirul Huda (Persela)
RB : Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), CB : M Robby (Persisam), CB : Hamka Hamazah (Mitra Kukar), LB : Thierry Gathussi
CM : Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), CM : Lancine Kone (Persisam)
RM : Ferdinand Sinaga (Persisam), AM : Frangipane (Mitra Kukar), LM : Zulham Zamrun (Mitra Kukar)
ST : Cristian Gonzales (Arema)

Sedangkan untuk bulan Februari 2013 adalah sebagai berikut :

GK : Yoo Jae Hoon (Persipura)
RB : Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), CB : Otavio Dutra (Persipura), CB : Hamka Hamazah (Mitra Kukar), LB : Thierry Gathussi
CM : Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), CM : Hendro Siswanto (Arema)
RM : Bayu Gatra (Persisam), AM : Alberto Goncalves (Arema), LM : Boaz Solossa (Persipura)
ST : Cristian Gonzales (Arema)

Player of The Month ISL 2013
------------------------ --------------
Januari 2013 : Lancine Kone (Persisam Putra Samarinda)
Februari 2013 : Alberto Goncalves (Arema Indonesia)

Coach of The Month ISL 2013
------------------------ --------------
Januari 2013 : Sartono Anwar (Persisam Putra Samarinda)
Februari 2013 : Rahmad Darmawan (Arema Indonesia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Pasrah Keputusan Manajemen

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler