Persib Angkat Piala Celebes Cup

Senin, 05 November 2012 – 05:43 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menyerahkan Piala Celebes II kepada Persib Bandung yang berhasil mengalahkan Sriwijaya FC, dalam laga Celebes Cup II 2012, di stadion Siliwangi bandung, Minggu (4/11/2012). Foto: ABIANTORO/BANDUNG EKSPRES
BANDUNG-Penantian panjang 11 tahun, Persib Bandung akhirnya bisa menaiki podium tertinggi mengangkat trofi juara di Turnamen Celebes Cup II/2012 yang digelar di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (4/11) malam.

Persib meraih gelar juara setelah berhasil menumbangkan Sriwijaya FC 1-0 (0-0). Bermain imbang tanpa gol dibabak pertama, Persib akhirnya memecah kebuntuan melalui gol tunggal Muhammad Ridwan di babak kedua. Gol tunggal itu tidak bisa dibalas Sriwijaya FC hingga pertandingan usai.

Dengan demikian, Persib tampil sebagai kampiun. Sedangkan Sriwijaya FC harus puas dirunner-up. Peringkat ketiga Makassar United setelah menumbangkan Barito Putra 2-1.

Soal itu Pelatih Kepala Persib Bandung, Djajang Nurjaman mengaku senang dengan kerja keras anak asuhnya meski para punggawanya mengalami penurunan stamina. "Pertandingan cukup menegangkan. Kedua bermain cukup ngotot, meskipun kondisi masih lelah, sehingga pertandingan berjalan cukup alot," ujarnya ditemui usai pertandingan, kemarin.

Meski kemenangan sudah diraih, Djajang mengatakan, timnya masih harus dibenahi karena masih banyak kekurangan. "Tentunya masih banyak yang harus diperbaiki," tegasnya.  Djajang juga bersyukur, timnya mampu meraih titel juara meski bermain di dalam turnamen pramusim.

"Saya bersyukur. Selamat kepada pemain, setelah sekian lama bisa juara. Meskipun ini turnamen pemanasan, tapi penting untuk kepercayaan diri pemain," ungkapnya.

Pertandingan tadi malam babak pertama Persib kembali menurunkan komposisi andalannya dengan menurunkan I Made Wirawan, Maman Abdurahman, Abanda Herman, Tony Sucipto, Supardi, M Ridwan, Asri Akbar, Mbida Messi, Atep (c), Firman Utina, dan Herman Dzumafo Epandi.

Sedangkan lawannya Sriwijaya FC menurunkan, Fery Rotinsulu (c), Abdul Rahman, Diego, Taufik Kasrun, Mahyadi, Juprianto, Ali Khadafi, Ericks Week, Jery Kapeh, Sutan Sama dan Tantan. Sedangkan Persib terakhir kali mengangkat trofi juara di Turnamen Piala HU Hatta Djatipermana di Stadion Sangkuriang.

Mantan Pelatih Persib Bandung Indra Tohir mengatakan, kemenangan berkat kerjasama tim yang baik. "Permainan kedua tim sangat bagus. Tapi untuk permainan Persib dari kerjasama timnya dan sudah lumayan baik," ujarnya.

Soal permainan Sriwijaya kata dia, bermain cukup bagus dan banyak memberikan tekanan dan beberapa peluang untuk mencetak gol. "Untuk ke depannya kualitas permainan seperti ini harus lebih dtingkatkan, mudah-mudahan kemenangan juara Celebes ini modal untuk bergelut untuk bermain di liga ISL mendatang. Tapi yang jelas pertandingan ini sebuah kejutan bagi saya," ungkapnya

Pelatih Kepala Tim Sriwijaya FC, Kas Hartadi mengaku, jika lawannya tampil sangat baik hingga menghempaskan timnya meraih juara 2 dalam turnamen Celebes Cup Championship II. "Saya akui Persib malam ini bermain bagus sekali, meskipun kita menciptakan banyak peluang," akunya usai pertandingan.

Pada saat berjalannya pertandingan, Kas pun sengaja merotasi pemainnya dengan memasukkan seluruh pemain cadangannya. Hal itu diakuinya, agar seluruh pemain bisa merasakan aroma pertandingan. "Saya sengaja membagi semua pemain untuk bermain, agar mereka semua merasakan bermain, karena tim kita hampir 90 persen dihuni pemain baru," tuturnya.

Meski menduduki juara dua, Kas mengaku cukup puas dengan permainan yang diterapkan anak asuhnya. "Saya cukup puas dengan pemain sekarang, anak-anak tampil sangat baik meskipun masih ada kekurangan," katanya.

Dengan itu juga, Kas mengatakan akan terus mengevaluasi timnya menjadi lebih baik lagi agar pada saat menjalani kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 musim depan bisa menjuarai kembali. "Kita tetap akan lakukan evaluasi dulu, karena ini untuk kedepannya juga," tandasnya. (gin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Saatnya Beri Bukti

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler