Persib Disarankan Kembali ke Era 90-an

Jumat, 21 Desember 2012 – 09:01 WIB
Pemain Persib latihan. Foto: Ramdhani/dok.JPNN
BANDUNG- Kekalahan Persib Bandung di babak semifinal Inter Island Cup (IIC) 2012 atas Persisam Putra Samarinda dengan skor akhir 0-2 menuai berbagai kritikan.

Bagaimana tidak, sebab tim "Maung Bandung" harus kandas dari tim yang diperkuat pemain muda yang tentunya dari sisi pengalaman bermain jauh berbeda dengan komposisi pemain yang dimiliki Maung Bandung.

Mantan pemain Persib era 70-an Encas Tonif angkat bicara. Dan mengingatkan agar Persib kembali melakukan pembinaan terhadap pemain muda. Menurut Encas, Persib seharusnya menang di laga semifinal itu karena dari sisi kekuatan tim pun laga itu sebenarnya sudah tidak berimbang.

Dimana disatu sisi Persib bermain dengan membawa pemain berkelas nasional sedangkan Persisam hanya diperkuat mayoritas pemain muda dengan dibantu beberapa pemain asing.

"Seharusnya Persib bisa memenangkan laga itu," katanya saat dihubungi Radar Bandung (Grup JPNN) melalui ponselnya, kemarin .

Encas mengatakan, kekalahan dari Persisam ini seharusnya bisa jadi pelajaran berharga bagi tim Persib untuk lebih serius melakukan pembinaan pemain mudanya. Seperti di era 90-an saat kejayaan Persib Bandung menjuarai Liga Indonesia. Saat itu, kata dia, skuad Maung Bandung diisi banyak pemain hasil binaan.

Melihat kondisi Persib saat ini, menurut Encas, sudah sangat jauh berbeda dari era 90-an. "Saat ini yang kami rasakan di Jawa Barat, khususnya Bandung pembinaan seperti yang pernah kita rasakan (di era 90-an) sudah hilang. Akibatnya dan resikonya seperti sekarang inilah kondisi Persib," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap kedepannya Persib dapat mengikuti jejak klub yang sudah melakukan regenerasi kepada timnya dengan mengutamakan pembinaan terhadap pemain mudanya.(gin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Ditantang Dua Negara Timteng

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler