Persib Pesta Gol

Selasa, 30 Oktober 2012 – 07:58 WIB
Suporter Persib, bobotoh. Foto: Ramdhani/JPNN
BANDUNG-Tim Persib Bandung pesta gol laga uji coba terakhirnya yang digelar di Stadion Siliwangi Bandung, kemarin (29/10). Uji coba itu dipersiapkan menghadapi Turnamen Celebes Cup II 2012 yang akan digelar 3-4 November mendatang.

13 gol disarangkan ke mulut gawang PS UPI yang menjadi lawan uji cobanya kali ini. Tim Persib Bandung sendiri hanya kebobolan satu gol akibat kesalahan pemain belakangnya Maman Abdurahman yang gagal menghalau serangan dari lawannya.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Pelatih Kepala tim Persib Bandung, Jajang Nurjaman langsung menurunkan formasi 4-2-3-1 sekaligus menurunkan tiga pemain Timnas yang baru saja bergabung seperti Supardi, M Ridwan dan Firman Utina.

Terbukti, formasi mantan trio Sriwijaya FC yang mengisi sektor sayap kanan tersebut mampu mempertontonkan permainan yang begitu gemilang hingga striker asal Kamerun, Herman Dzumafo Epandi merasa dimanjakan oleh umpan-umpannya dan berhasil mencetak empat gol ke gawang lawannya PS UPI dibabak pertama.

Namun tepat di menit 10, kiper Persib Bandung I Made Wirawan harus rela memungut bola di dalam gawangnya sendiri akibat kesalahan dari pemain belakangnya yang membiarkan lepas lawannya hingga dengan mudah mencetak gol kegawangnya tersebut. Kedudukan sementara dibabak pertama 4-1 untuk kemenangan Persib Bandung.

Memasuki babak kedua, Janur sapaan akrab Jajang Nurjaman mengganti beberapa pilarnya, Cecep Supriatna, Jajang Sukmara dan Airlangga Sutjipto masuk dan menggantikan I Made Wirawan, Tony Sucipto dan Mbida Messi.

Terbukti, dengan pergantian pemain tersebut, gol terus tercipta. Tepat di menit ketiga babak kedua (48) Dzumafo kembali melesatkan gol kelimanya yang berasal dari umpan Airlangga.

Tak mau kalah dengan strikernya, bek bertahan, Abanda Herman pun menyumbangkan satu gol tepat di menit 51, hingga mengubah kedudukan menjadi 6-1.

Atep yang seringkali gagal dalam menciptakan peluang dibabak pertama, berhasil memecah kebuntuannya dengan mencetak gol untuk timnya yang ke-7 kalinya di menit 55.

Tepat di menit 59, Airlangga memperlebar jarak skor menjadi 8-1. Belum puas dengan 5 golnya, Dzumafo kembali menambah golnya lewat aksi tendangan jarak jauh yang dilesatkan di luar kotak penalti lawan di menit 70, kedudukan berubah menjadi 9-1.

Untuk 4 gol sisanya, masing-masing dilesatkan Atep di menit 73 dan 78, Airlangga di menit 77 dan 83. Hingga peluit berakhirnya pertandingan skor didapat 13-1 untuk kemenangan tim yang berjuluk Maung Bandung.

Tercatat, pada laga uji tersebut Janur menurunkan seluruh pilarnya termasuk dua dari empat pemain magangnya.

Dikatakan Janur, hal itu bertujuan hanya ingin melihat sejauh mana kemampuan para punggawanya saat bertanding salah satunya untuk persiapan menghadapi turnamen pra musimnya di Celebes Cup II 2012.

Meski hasil skor dikatakan cukup besar, mantan asisten pelatih tim Pelita Jaya Karawang tersebut mengaku belum cukup puas terutama pada pemain yang mengisi sektor sayap kiri.

Tercatat, pemain yang mengisi sektor kiri tersebut di antaranya diisi oleh Atep, Tony Sucipto, Jajang Sukmara. "Ini kan laga ujicoba, melihat lawannya juga berbeda level dengan kita. Masih ada yang harus diperbaiki," ucapnya saat ditemui usai pertandingan di Stadion Siliwangi Bandung, kemarin (29/10).

"Serangan nusuk sebelah kanan sudah bagus tapi sektor kiri agak kurang. Kita benahi agar nantinya berimbang," sambungnya.

Kendati begitu, Janur memuji ketiga pemain anyarnya yang tampil sangat dinamik meski keadaan staminanya tengah menurun usai melakukan perjalanan sekitar 12 jam lamanya menuju Kota Bandung. "Dengan kondisi mereka yang cape, tapi bisa memberikan warna. Apalagi Firman, katanya dia nyetir sendiri ke Bandung dari Semarang selama 12 jam. makannya tadi di babak kedua saya tarik keluar," paparnya.

Janur mengatakan, kemenangan tersebut memang tengah diaturnya sebelum peluit pertama dibunyikan. "Dari pertama juga saya sudah tekankan kepada seluruh pemain, jangan terlalu banyak passing ternyata bisa ditampilkan baik," pungkasnya.(gin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Rekor Stoner, Konsistensi Lorenzo

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler