Persib vs Madura United: Polisi Perketat Penjagaan di Stadion Si Jalak Harupat

Jumat, 24 Mei 2024 – 13:30 WIB
Stadion Si Jalak Harupat. Foto: Sutanto Nurhadi Permana/persib

jpnn.com - Polresta Bandung memperketat pengamanan pertandingan final leg pertama Championship Series Liga 1 yang mempertemukan Persib vs Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Pada pertandingan yang digelar Minggu (26/5/2024) itu, sebanyak 2.000 personel Polresta Bandung diturunkan untuk menjaga setiap pintu masuk stadion.

BACA JUGA: Menjelang Final Championship Series Liga 1, Persib Kena Sanksi Komdis PSSI

Pengamanan ini dipastikan dua kali lipat lebih ketat karena diprediksi stadion akan dipenuhi puluhan ribu penonton.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengaku pengamanan pertandingan final dilakukan lebih ketat karena euforia penonton yang tinggi.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Hodak Waspadai Pemain Satu Ini

Selain menjaga agar tidak ada penonton tanpa tiket yang nekat masuk, polisi juga mengantisipasi kedatangan suporter lawan.

"(Pengamanan) kami akan lipat gandakan di beberapa titik seperti di pintu penjagaan, tengah, utara, selatan, maupun tempat masuknya kendaraan dan pejalan kaki."

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Passos Siapkan Materi Khusus untuk Penjaga Gawang

"Kemudian, di pintu masuk stadion juga akan kami lipat gandakan, sehingga yang benar-benar masuk adalah yang memiliki tiket dan tidak membawa barang-barang terlarang," kata Kusworo, Jumat (24/5/2024).

Saat di gate stadion, petugas akan melakukan body checking kepada penonton. Ini untuk mengantisipasi suporter yang nekat membawa barang-barang terlarang, seperti flare, senjata api, hingga minuman beralkohol.

Kusworo juga mengingatkan kepada penonton yang memiliki tiket agar langsung dipakai di pergelangan tangannya. Gelang tiket tidak boleh dilepas sampai pertandingan selesai.

"Yang benar-benar boleh masuk ke Stadion SJH adalah yang memiliki tiket. Tiketnya sudah benar-benar terpasang di pergelangan tangan, tidak boleh tiket yang ditenteng dan harus sudah terpasang di pergelangan tangan," jelasnya.

"Penonton tamu tidak boleh datang, bagaimana aturan PSSI untuk pertandingan Liga 1 kali ini suporter tim tamu tidak diperkenankan hadir di Stadion SJH," lanjutnya.

Sementara itu, Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Andang Ruhiat berharap kepada para Bobotoh -suporter Perisb- yang tidak kebagian tiket pertandingan agar jangan nekat datang ke stadion.

Andang menyarankan para Bobotoh bisa menyaksikan pertandingan secara bersama-sama dari layar lebar di titik-titik nobar yang disediakan.

"Kami berharap perbanyak titik-titik nobar, kami juga akan koordinasi. Jadi, teman-teman yang mau nonton bisa ke titik nobar di wilayah masing-masing," ucap Andang.

"Yang tidak mendapatkan tiket mohon maaf, karena kuota dari stadion juga terbatas. Kami tetap menghargai mereka yang sudah berusaha agar bisa menonton aman dan nyaman."

"Rasanya melakukan perayaan bisa dilakukan di tempat manapun. Paling penting ialah Persib juara, penonton aman dan nyaman," tandasnya.(mcr27/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler