Persija vs Bali United: Jangan Injak Kursi SUGBK!

Sabtu, 17 Februari 2018 – 08:05 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - The Jakmania bisa kembali menyaksikan Persija berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dalam laga final Piala Presiden 2018 melawan Bali United, Sabtu (17/2). (Siaran Langsung Indosiar pukul 18.30 WIB)

Ketua Umum The Jakmania Tauhid Indrasjarief bersyukur Persija bisa kembali bermain di SUGBK. Sebab, Persija kali terakhir bermain di SUGBK pada 24 Juni 2016.

BACA JUGA: Persija vs Bali United: Habis-habisan untuk Raih Gelar

Sekarang, SUGBK sudah jauh berubah. Fasilitas SUGBK lebih modern. Untuk itu, pria yang akrab disapa Bung Ferry tersebut meminta kepada Jakmania untuk sama-sama menjaga SUGBK.

”SUGBK adalah stadion terbaik di republik ini yang juga sekaligus menjadi kebanggaan bangsa. Jadi, harus sama-sama dijaga,” tutur Bung Ferry.

BACA JUGA: Persija vs Bali United, Macan Pulang ke Kandang

Alumnus Institut Teknologi Indonesia (ITI) tersebut menambahkan, The Jakmania harus bisa membuktikan diri sebagai suporter yang tertib.

Sebab, hari ini, perhatian masyarakat Indonesia akan tertuju ke SUGBK. Menurut Bung Ferry, cara untuk menjaga SUGBK sangat sederhana. Salah satunya, tidak menginjak kursi stadion.

BACA JUGA: Schaller Minta Pemainnya harus Bermain Tanpa Beban

Pria yang juga pendiri The Jakmania itu juga mengimbau kepada pasukannya untuk tidak membawa dan menyalakan red flare, petasan, kembang api, dan smoke bomb.

”Para petugas kepolisian dan keamanan juga harus dihormati. Sebab, mereka hanya menjalankan tugas agar peraturan tetap ditaati,” tegas Bung Ferry.

Warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tersebut berharap pertandingan hari ini berjalan lancar. Semua elemen yang hadir di stadion dapat menjalankan perannya masing-masing.

Para pemain berjuang di atas lapangan. Pelatih menerapkan strategi terbaik. ”Dan, suporter memberikan semangat dari tribun. Ayo jaga SUGBK!” tegasnya.

Di SUGBK, total ada tiga ring yang bakal dilewati para suporter, termasuk The Jakmania. Ring ketiga, yakni empat pintu masuk yang akan dioperasikan.

Ring kedua yakni screening awal di lingkaran luar SUGBK. Di situ setiap suporter akan menghadapi metal detector juga screening botol minuman.

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim gabungan keamanan, jumlahnya sekitar 6000 personel,” sebut Somad, Venue koordinator Organizing Commitee Piala Presiden 2018. Di stadion juga akan ditempatkan steward yang berasal dari pihak kepolisian. “Juga di tribun ada beberapa personel,” lanjutnya.

Namun, SUGBK saat ini merupakan Stadion baru yang akan digunakan sebagai main venue Asian Games 2018. Fasilitas terbaik sudah bisa dirasakan para suporter yang datang.

Penanganan terhadap penonton ini juga bakal bersifat persuasif. Misalnya, saat ada suporter yang mencoba merusak bangku dengan menginjak-injak atau yang menyalakan flare sekalipun bakal terdeteksi.

“SUGBK kini dilengkapi CCTV yang mampu mendeteksi wajah, jadi kalaupun ada yang macam-macam, bisa ditelusuri,” sebut Winarto Direktur Utama PPK GBK.

Kondisi tersebut tidak hanya berlaku di ring satu. Di kawasan SUGBK juga ditempatkan CCTV dengan fasilitas 4K yang terkoneksi langsung dengan ruang kontrol utama.

Penanganan suporter juga bakal berlangsung ekstra pada hari H. Sebab, masih ada 12 ribu tiket yang dijual secara offline. Tetapi, pihak OC Piala Presiden sudah berkoordinasi dengan The Jakmania yang diprediksi mendominasi seat SUGBK untuk distribusi tiket tersebut. (fiq/nap)

Perkiraan Line Up

Persija vs Bali United

Persija (4-3-3): 26-Andritany Ardhiyasa (G); 14-Ismed Sofyan (c); 6-Maman Abdurahman, 5-Jaimerson, 28-Rezaldi Hehanusa; 7-Ramdani Lestaluhu, 29-Sandi Sute, 32-Rohit Chand; 25-Riko Simanjuntak, 9-Marko Simic, 11-Novri Setiawan

Pelatih: Stefano Cugurra

Kostum: Merah-Hitam

Bali United (4-3-3): 59-Wawan Hendrawan; 33-Andhika Wijaya, 32-Ahn Byung Keon, 34-Demerson, 24-Ricky Fajrin; 14-Fadil Sausu (C), 23-Nick Van Der Velden, 8-M. Taufiq; 87-Stefano Lilipaly, 9-Ilija Spasojevic, 7-Miftahul Hamdi

Pelatih: Hans Peter Schaller

Kostum: Putih-Ungu

Live: Indosiar (pukul 18.30 WIB)

Stadion: SUGBK, Jakarta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiket Online Final Piala Presiden Ludes


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler