Persita Vs Bali United 1-2, Brace Ilija Spasojevic Jadi Pembeda

Jumat, 24 September 2021 – 17:57 WIB
Para pemain Bali United merayakan gol yang dicetak Ilija Spasojevic ke gawang Persita Tangerang. Foto: (Bali United)

jpnn.com, CIBINONG - Bali United sanggup meraup tiga poin usai menang tipis 2-1 atas Persita Tangerang.

Pertandingan pekan keempat Liga 1 2021/22 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (24/9) petang ini berjalan ketat dan seru. Terbukti, dua gol terakhir tercipta saat laga sudah masuk menit 80-an.

BACA JUGA: Klasemen Liga 1 2021/2022 Usai Persib vs Borneo 0-0

Bali United dalam pertandingan ini memang lebih diunggulkan dari Persita. Pasalnya, materi pemain yang dimiliki Serdadu Tridatu lebih mentereng, bukan hanya diperkuat pemain asing, tetapi pemain naturalisasi mereka juga cukup berbahaya.  

Agresivitas Bali United sudah terlihat sejak peluit kick-off dibunyikan. Tekanan langsung ke jantung pertahanan lawan, sempat membuat para bek Persita kelimpungan.

BACA JUGA: Tanpa Yann Motta, Persija Bakal Andalkan Bek Senior Ini Melawan Persela

Benar saja, baru empat menit laga berjalan, tim kebanggan masyarakat Bali itu sudah unggul lebih dulu. Ilija Spasojevic mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan sodoran dari Brwa Nouri. Gol, Bali United unggul 1-0.

Keunggulan itu ternyata tak membuat tim polesan Stefano Cugurra Teco itu mengendur permainannya. Mereka tetap dalam alur menyerang dan mengambil dominasi dalam penguasaan bola.

BACA JUGA: Persebaya vs Bhayangkara FC, Aji Santoso Waspadai Ketajaman King Eze

Persita sebaliknya, mereka kesulitan untuk bangkit dan keluar dari tekanan Bali United. Terbukti, lini belakang tim berjuluk Pendekar Cisadane itu dibuat kerja keras oleh Stefano Lilipaly dan kolega.

Menit ke-35, Bali United mendapatkan peluang emas. Berawal dari sepak pojok Lilipaly, Melvin Platje mampu menyambutnya dengan sundulan manis. Namun, performa gemilang kiper Persita, Rahmanuddin menggagalkan peluang pemain asal Belanda tersebut.

Satu-satunya peluang terbaik Persita datang dari M Irsyad. Memanfaatkan kecepatannya, dia menyisir sisi kiri lapangan sampai masuk ke dalam kotak penalti lawan. Sayang, sepakannya hanya menyamping tipis. Skor 0-1 menutup babak pertama, Persita tertinggal dari Bali United.

Memasuki paruh kedua, permainan Bali United tak berubah. Mereka tetap dominan dan tenang mengurung pertahanan Persita, tetapi kehadiran pemain asing, H Cardoso, di babak kedua, sedikit memberikan warna serangan yang berbeda dari skuad asuhan Widodo Cahyono Putro itu.

Persita melakukan serangan cepat pada menit 53', pemain mereka dilanggar dan menghasilkan sepakan bebas. Cardoso yang melakukan eksekusi, nyaris mengubah kedudukan. Sayang, sepakannya masih tipis dan hanya mengenai jala bagian kiri belakang Bali United.

Persita kembali menekan menit ke-58, memanfaatkan kerja sama dalam build-up serangan, Cardoso mendapatkan bola dari Irsyad. Setelah dua kali mengontrol bola, dia kemudian melepaskan sepakan terukur. Namun, penyelematan gemilang dilakukan kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Bali United sempat membobol gawang Persita pada menit ke-61. Aksi Platje yang disudahi Agung dengan menanduk bola ke gawang kosong ternyata dianulir wasit. Gol itu dianggap tidak sah karena sebelumnya Platje sudah terjebak offside.

Menit ke-79, Bali United mendapatkan peluang lewat sundulan Willian Pacheco. Memanfaatkan sepak pojok dari Platje, Pacheco menyundul bola ke tiang jauh dan mengenai mistar. Bola memantul, tetapi gagal dituntaskan oleh pemain Bali United karena kontrol yang kurang baik.

Laga semakin menarik dan Persita semakin berani keluar menyerang setelah Bali United terlihat menurunkan tempo permainan. Kerja keras Persita terbayar saat laga masuk menit ke-83.

Edo Febriansyah mencetak gol setelah mampu menuntaskan assist Cardoso. Sambil terjatuh, dia men-chip bola melewati Wawan Hendrawan. Skor Persita vs Bali United imbang 1-1.

Namun demikian, keunggulan itu tak bertahan lama. Pemain Persita tampak terlena dan mengendurkan penjagaan. Kondisi itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Bali United yang langsung menuntaskan serangan itu menjadi gol.

Berawal dari pergerakan Kadek Agung di sisi kiri penyerangan yang melakukan penetrasi ke kotak penalti, dia mengirimkan bola menuju Ilija Spasojevic. Dengan sekali kontrol, pemain naturalisasi itu kemudian melepaskan sepakan placing ke tiang jauh. Gol! menit ke-86, Skor Persita vs Bali United berubah 1-2.

Setelah gol tersebut, Persita memang tampak tampil lebih menyerang dan terus mengirimkan bola-bola direct ke kotak penalti lawan. Namun, rapatnya pertahanan Bali United menjadikan skor tak berubah. Sampai laga usai, Serdadu Tridatu tetap unggul 2-1 atas Persita. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler