Pertama di Indonesia, RS Polri Berdesain Tanjak Melayu Riau Bakal Jadi Ikon Pekanbaru

Kamis, 01 Agustus 2024 – 22:11 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menandatangani prasasti Rumah Sakit Bhayangkara Presisi Polda Riau, didampingi Kapusdokkes Polri, Irjen Asep Hendradiana dan PJ Gubernur Riau SF Hariyanto. Foto: dok sumber

jpnn.com, PEKANBARU - Polda Riau resmi memulai pembangunan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Presisi yang menggunakan desain Tanjak Melayu Riau.

Dengan desain berbentuk tanjak, topi khas Melayu, RS ini diharapkan menjadi ikon baru Kota Pekanbaru.

BACA JUGA: Mabes Polri & Polda Maluku Usut Bentrokan Brimob dan Polantas di Tual

Peresmian ground breaking dilakukan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Irjen Asep Hendradiana, beberapa pejabat Divhumas Polri.

Kemudian Pj Gubernur Riau SF Hariyanto,, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, pada Kamis (1/8).

BACA JUGA: ICW Ingatkan Pansel KPK agar Tak Istimewakan Kandidat dari Polri dan Kejaksaan

Selain fasilitas kesehatan yang lengkap, RS Bhayangkara Presisi juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti lapangan futsal, restoran, dan taman bermain anak.

Hal ini menjadikan RS ini tidak hanya sebagai pusat pelayanan kesehatan, tetapi juga sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat.

BACA JUGA: Respons TPDI Soal Laporan Terhadap Penyidik KPK Rossa Purbo dkk Dilimpahkan ke Itwasum Polri

"Kami ingin RS Bhayangkara ini menjadi tempat yang nyaman dan ramah bagi semua orang. Oleh karena itu, kami menyediakan berbagai fasilitas tambahan di luar fasilitas medis," ujar Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal.

Irjen Iqbal menjelaskan, desain RS Bhayangkara terinspirasi langsung dari ide Kapolda Riau.

Bentuk tanjak dipilih untuk memberikan sentuhan khas Melayu dan sekaligus sebagai simbol identitas Riau.

"Kami ingin bangunan ini menjadi representasi dari budaya Melayu. Selain itu, bentuk melengkung pada bangunan juga memberikan nilai estetika yang tinggi," jelas Irjen Iqbal.

Selain memiliki desain yang unik, RS Bhayangkara juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Seperti fasilitas olahraga untuk menjaga kesehatan, menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman, tempat bermain yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak.

Serta area terbuka dengan pemandangan kota Pekanbaru yang indah.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Irjen Asep Hendradiana, sangat mengapresiasi langkah Polda Riau, yang membuat bangunan dengan ciri khas daerah.

“Ini sangat bagus. Desain rumah sakit Polri yang bertema ciri khas daerah seperti ini baru pertama di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Irjen Asep, konsep ini bisa ditiru atau dicontoh oleh Polda-polda lain di Indonesia.

“Ini sangat ikonik, jadi chiri khas untuk Kota Pekanbaru, Riau. Ini akan menjadi contoh bagu Polda lain di Indonesia,” tuturnya.

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, menyambut baik pembangunan RS Bhayangkara ini.

Menurutnya, pembangunan rumah sakit merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

"RS Bhayangkara ini tidak hanya akan melayani anggota Polri, tetapi juga masyarakat umum. Kami berharap rumah sakit ini dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan yang berkualitas di Riau," ujar SF Hariyanto. (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler