Pertamina Pastikan BBM dan Elpiji Aman Menjelang Libur Nataru

Sabtu, 24 Desember 2022 – 00:30 WIB
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara memastikan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji dalam kondisi aman. Foto: Dok Pertamina

jpnn.com, SUMATERA BARAT - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara memastikan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji dalam kondisi aman menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria mengatakan Satgas Nataru Pertamina siaga di jalur strategis dan wisata Sumatera Barat.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Siagakan Tim Satgas di Riau

"Tim Satgas Nataru Pertamina aktif bertugas sejak 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023," kata dia dalam keterangan tertulis di Padang, Sumbar, Jumat (23/12).

Dia menambahkan tim Satgas Nataru itu berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait meliputi Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, kepolisian, Jasa Marga, TNI, dan berbagai pihak lainnya.

BACA JUGA: Sambut Natal dan Tahun Baru, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman di Kalbar

Koordinasi itu dilakukan demi kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

Sementara itu, lanjutnya, konsumsi BBM jenis gasoline yakni Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo diperkirakan meningkat sebesar enam persen dari 2.149 kilo liter per hari menjadi 2.267 kilo liter per hari.

BACA JUGA: EV Funday, Pertamina Dukung Program Konversi Motor Listrik

Sementara konsumsi gasoil untuk jenis Solar, Dexlite, Pertamina Dex diprediksi mengalami kenaikan sebesar 15 persen dari 1.468 kiloliter per hari menjadi 1.683 kilo liter per hari.

Peningkatan juga diprediksi terjadi untuk konsumsi elpiji sekitar tiga persen atau 428 metrik ton menjadi 440 MT per hari.

Proyeksi itu dibandingkan penjualan normal harian.

"Kami akan memonitor terus-menerus sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat akan BBM, elpiji, dan avtur dapat terpenuhi," kata dia

Selain itu, dalam memastikan layanan terhadap masyarakat tetap terjaga dengan baik, Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan energi pendukung di jalur potensial.

Adapun jalur itu di antaranya tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa SPBU Siaga, SPPBE Siaga, Agen LPG PSO Siaga, Motoris, dan SPBU Kantong.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga menyiapkan posko kesehatan di empat SPBU yang berada di titik jalur Trans-Sumatera dan wisata yaitu SPBU 13.262.511 Kabupaten Limapuluh, Sumbar, SPBU 14.284.653 Kabupaten Kampar, Riau, SPBU 14.211.214 Parapat, dan SPBU 14.221.248 Brastagi, Sumatera Utara.

"Di antara seluruh sarfas SPBU, agen, dan outlet elpiji akan ada yang kami siagakan beroperasi 24 jam selama masa libur Natal dan Tahun Baru," kata dia. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hutan Pertamina Badak LNG Diresmikan, Langkah Nyata Mengurangi Emisi Karbon


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler