Pertamina Siapkan Rp2,5 Milyar Beasiswa Sobat Bumi

Jumat, 23 November 2012 – 14:59 WIB
JAKARTA — Pertamina Foundation menyiapkan dana Rp2,5 milyar untuk Program Beasiswa Sobat Bumi di tahun 2013. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 205 mahasiswa berprestasi yang memiliki kepedulian dan rekam jejak terhadap lingkungan.

Saat ini proses seleksi yang dimulai sejak September 2012 melalui pendaftaran di situs www.beasiswa-sobatbumi.com telah tuntas dilaksanakan di 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan terpilih 200 mahasiswa. Sedangkan satu PTN lain, yakni Universitas Cendrawasih baru akan menyelesaikan seleksi untuk menentukan lima mahasiswa penerima beasiswa awal Desember 2012 mendatang.

Peminat Beasiswa Sobat Bumi terbilang besar. Dari data yang masuk, teregister sebanyak 4.620 mahasiswa. Dari jumlah itu yang dinyatakan lolos administrasi dan layak untuk meneruskan tahapan wawancara sebanyak 410 mahasiswa.

Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali, Jumat (23/11) ini mengatakan, ada beberapa alasan  mengapa peminat Beasiswa Sobat Bumi begitu besar. Diantaranya, Pertamina Foundation selain memberikan fasilitas berupa pembiayaan studi, biaya hidup, juga membiayai proyek kelompok yang bertemakan lingkungan dan pendidikan.

“Yang istimewa para penerima Beasiswa Sobat Bumi akan diberikan Pelatihan Kepemimpinan dan secara otomatis tergabung dalam ikatan keluarga Pertamina Foundation Scholars yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Lebih dari itu, tegas Ahmad para penerima beasiswa juga diberikan kesempatan untuk menjadi volunteer di setiap kegiatan yang dilakukan Pertamina Foundation. Itulah sebabnya, para penerima beasiswa ini harus memiliki kriteria khusus selain nilai akademik.

Dari 200 mahasiswa yang kini telah diterima dalam Program Beasiswa Sobat Bumi, kesemuanya memiliki rekam jejak dan kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Sebagian besar dari mereka tergabung dalam LSM Lingkungan dan Pramuka. “Yang kami cari adalah mahasiswa dan mahasiswi aktivis kampus, tidak hanya si jenius dengan IPK 4 yang tidak melakukan apa-apa selain belajar”, tegas Ahmad.

Dalam waktu dekat, para penerima beasiswa Sobat Bumi akan dipertemukan dalam kegiatan “Gathering Pertamina Foundation Scholars” yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 hingga 15 Desember 2012 di kawasan Pertamina Geothermal Energy, Kamojang, Jawa Barat.

Berikut penerima beasiswa di 16 PTN. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) 10 mahasiswa, Universitas Sumatera Utara (USU) 8 mahasiswa, Universitas Sriwijaya (Unsri) 12 mahasiswa, Institut Teknologi Bandung (ITB) 6 mahasiswa, Universitas Padjadjaran (Unpad) 16 mahasiswa, Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 18 mahasiswa, Universitas Indonesia (UI) 22 mahasiswa, Universitas Gadjah Mada (UGM) 16 mahasiswa, Universitas Diponegoro (Undip) 14 mahasiswa, Universitas Brawijaya (UB) 5 mahasiswa, Universitas Airlangga (Unair) 18 mahasiswa, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) 18 mahasiswa, Universitas Udayana (Udayana) 13 mahasiswa, Universitas Mataram (Unram) 6 mahasiswa, Universitas Mulawarman (Unmul) 5 mahasiswa, Universitas Hasanuddin (Unhas) 13 mahasiswa. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Terjunkan Mahasiswa Tingkat Akhir Praktik Mengajar di SMK

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler