Pertamina Sukses Bangun Sistem Operasional Digital Shared Services

Minggu, 24 Juli 2022 – 11:22 WIB
Sistem Shared Services Pertamina mempercepat proses bisnis, mengambil keputusan, serta memberikan ruang pada bisnis utama. Ilustrasi Foto: Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina sukses melakukan transformasi digital agar terus bersaing di kancah internasional. 

Untuk menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia, Pertamina membangun sistem operasional digital yang dikenal dengan Shared Services (SS). 

BACA JUGA: Sopir di Arab Saudi Bantu Jurnalis Yahudi Masuk Makkah, Ini Akibatnya

SS Pertamina menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia sejak dibangun pada 2018. Hingga saat ini, ada 49 layanan dan implementasi di lebih dari 50 entitas bisnis.

Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi mengatakan SS berfungsi memusatkan operasional terhadap layanan yang bersifat transaksional, repetitif, dan bervolume tinggi. 

BACA JUGA: Terus Disorot, Citayam Fashion Week Kini Dipantau Polisi, duh

Sistem ini didesain dengan menerapkan konsep sentralisasi, standardisasi, simplifikasi dengan backbone digital, serta sistem robotik untuk menghasilkan data yang bernilai tinggi.

Sistem ini efisien dan menghasilkan layanan customer yang berkualitas sehingga memudahkan Pertamina mempercepat proses bisnis, mengambil keputusan, serta memberikan ruang pada bisnis utama.

BACA JUGA: Pertamina: 220 Ribu Kendaraan Terdaftar di MyPertamina

Menurut Dedi, dampak positif SS telah berhasil mendorong Pertamina meningkatkan percepatan waktu.

Salah satunya, bidang service asset management, pemrosesan billing utilities. 

Jika sebelumnya dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu 7 hari kerja, dengan digitalisasi, waktu pengerjaan menjadi satu hari (automatic same day). Terjadi percepatan hingga 700 persen.

 “SS Pertamina telah mendorong kinerja perusahaan di semua lini menjadi lebih cepat, lebih produktif dan lebih efisien,” ujar Dedi.

Dedi menambahkan, SS Pertamina telah dijalankan di holding, dan 6 subholding baik di bidang Finance, Human Capital, ICT, Procurement, Asset Management maupun Master Data Operations. 

Dengan total lebih dari 147.000 stakeholder Pertamina yang terdiri atas para customer eksternal, vendor, serta para pekerja Pertamina, SS melakukan rangkaian acara Road to SS Forum Pertamina 2022 yang puncaknya diadakan pada Senin 25 Juli 2022 ini sebagai bentuk apresiasi Perusahaan kepada seluruh stakeholder yang turut mendukung dan membesarkan SS.

“Pertamina akan terus meningkatkan layanan digital di seluruh lini bisnis untuk mendorong ketahanan energi nasional dan mewujudkan aspirasi pemegang saham sebagai top 100 perusahaan dunia Global Fortune 500 dengan valuasi US$100 miliar,” pungkas Dedi. (mrk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler