Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum menjadi Vegan

Sabtu, 19 September 2015 – 08:40 WIB
FOTO: Health.

jpnn.com - Menjadi vegetarian bisa jadi keputusan besar yang diambil seseorang terkait dengan kebiasaan makannya. Beberapa orang yang menjadi vegetarian mengalami kesulitan beradaptasi dan merasa selalu lapar.

Apakah menjadi vegetarian adalah keputusan yang tepat untuk Anda?

BACA JUGA: Hiiii... Video Kutu Menari-nari di Kepala Orang Ini Pasti Bikin Merinding

“Diet vegan bisa memberikan nutrisi yang memadai dan memberikan banyak manfaat kesehatan yang positif,” kata ahli gizi Vandana Sheth, RDN, CDE, seperti dilansir laman Health, Kamis (17/9).

“Tidak mengonsumsi daging bahkan satu hari per minggu bisa mengurangi risiko Anda untuk mengembangkan kondisi seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan obesitas,” tambah Sheth.

BACA JUGA: Hindari Tren Mode Berbahaya

Namun tetap menjadi vegan itu bukanlah hal yang mudah. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pikir sebelum menjadi vegan.

1. Apakah Anda menonsumsi vitamin?

BACA JUGA: Tetap Sehat Saat di Pesawat

Ya, makanan tanpa daging sering kaya vitamin. Tapi vegan mungkin beresiko untuk kekurangan beberapa vitamin juga. Secara khusus, vegan mungkin perlu mengonsumsi suplemen B12 karena nutrisi ini terutama ditemukan dalam produk hewani. Vegan juga harus berhati-hati memantau asupan vitamin D, kalsium, asam lemak omega-3, zat besi, seng dan suplemen yang diperlukan.

2. Perencanaan yang tepat

Perencanaan adalah teman terbaik seorang vegan ini. “Dengan perencanaan yang matang, pola makan vegan bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda," kata Sheth.

Penekanannya, tentu saja, adalah perencanaan.

“Vegan perlu membuat usaha lebih keras untuk makan dalam jumlah yang tepat dan kombinasi makanan untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap sehat,” kata Sheth.

3. Apakah Anda suka olahraga?

Bagi Anda yang suka gym namun vegan maka Anda mungkin takut mengonsumsi protein karena takut akan mengganggu kinerja Anda di gym dan protein biasanya didapatkan dari daging. Padahal protein sangat baik membangun otot tubuh Anda dan memulihkan.

Namun Anda jangan takut karena protein bisa Anda dapatkan dari buncis, kacang polong, lentil, tahu, kacang-kacangan dan quinoa.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssttt...Ini Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler