Pertanyakan Kinerja PPL

Jumat, 08 Januari 2010 – 09:45 WIB
KULONPROGO - Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo mengatakan, kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di Kulonprogo, patut dipertanyakanSelama ini sebagian besar PPL tidak punya keinginan besar untuk berinteraksi langsung dengan para petani di lapangan, padahal tugas pokok mereka adalah membantu petani untuk menerapkan teknik tanam yang lebih baik.

"Peran PPL belum bisa dikatakan maksimal, karena mereka kebanyakan lebih suka bekerja di belakang  meja, layaknya pegawai kantoran

BACA JUGA: Frans Seda Diusulkan jadi Nama Bandara

Tanpa memiliki kesadaran dan keinginan untuk terjun langsung ke lapangan menemui petani di persawahan," kata Bupati Toyo pada peresmian Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) di Lendah, Kulonprogo, Jumat (8/1).

Karena itu, Toyo berharap agar kedepan para PPL bisa lebih memperhatikan kinerja mereka, apalagi di Kulonprogo sudah difasilitasi adanya Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

"Semoga saja, dengan adanya balai ini bisa merubah kebiasaan PPL yang lebih senang di dalam kantor dibandingkan turun ke lapangan
Sehingga mereka bisa memberikan bimbingan ke petani mengenai teknologi pertanian yang tepat guna," tandas bupati

BACA JUGA: Perang di Kwamki Lama Berhasil Distop

Bupati Toyo sempat memberikan imbauan yang disertai ancaman kepada para PPL di Kulonprogo untuk benar-benar merubah kebiasaannya
"Kalau sampai ketahuan ada PPL tidak pernah bertemu langsung dengan petani, saya tidak segan-segan untuk memindahnya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Bambang Tri Budi mengatakan bahwa keberadaan BP3K ini merupakan base camp bagi para PPL

BACA JUGA: Lagi, 2 Bendaharawan Tomohon Diselidik KPK

Dengan sarana ini, diharapkan dijadikan sebagai tempat koordinasi, konsultasi dan pusat informasi yang diperlukan petani.

Di Kulonprogo, setidaknya sudah ada 9 kecamatan yang memiliki gedung BP3K"Kedepan, targetnya BP3K ada di setiap kecamatan, sehingga memudahkan koordinasi antara PPL dengan petani," pungkasnya.(ila/aj)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unggas asal Kalsel Diblokir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler