Pertarungan Tiga Representasi Kaum Muda

Senin, 26 September 2016 – 07:41 WIB
Ketiga pasangan calon Pilkada DKI foto bersama di sela-sela pemeriksaan kesehatan, Sabtu (24/9). Foto: Instagram

jpnn.com - JAKARTA - Munculnya tiga pasangan calon di Pilkada DKI 2017 diyakini bakal semakin meningkatkan antusiasme masyarat. Pasalnya, kini warga ibu kota punya tiga pilihan yang sama menariknya.

"Warga ibu kota kini memiliki opsi lebih beragam untuk dipilih," ujar Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti, Minggu (25/9).

BACA JUGA: Bawaslu Ingatkan Pejabat Tetap Netral

Ray mengatakan, selain Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, kini muncul nama Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni, serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Tentu pertarungan nanti bakal menarik," kata dia.

BACA JUGA: Adik Yusril Izha Mahendra Tantang Petahana di Pilgub Babel

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memprediksi, pertarungan Pilgub DKI 2017 akan berlangsung seru. Apalagi, ketiga calon gubernur sama-sama memiliki daya tarik besar bagi pemilih muda. 

Menurut Yunarto, Ahok mencerminkan semangat anak muda yang dinamis. Sementara, Anies Baswedan merupakan intelektual muda yang kerap membuat terobosan dalam bidang pendidikan. 

BACA JUGA: 300 Soal Harus Diselesaikan 2,5 Jam

Sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono merepresentasikan kaum muda dari segi usia.

"Jadi nanti bakal seru pertarungannya karena mereka bertiga bukanlah tokoh yang konvensional, melainkan mewakili semangat zaman yang modern," kata Yunarto.

Yunarto menambahkan, terjaringnya pemilih muda akan menghasilkan simpul-simpul komunitas di media sosial. Para pemilih muda dinilainya fasih dalam mengoperasikan media sosial sebagai media kampanye.

Selain itu, kata Yunarto, ketiga pasangan tersebut diprediksi tak akan menggunakan cara kampanye yang menyinggung SARA. Karena ketiganya hampir tak pernah menggunakan cara-cara tersebut di depan publik. 

Dengan demikian, masa kampanye akan berlangsung elegan dan kondusif.

"Pastinya kampanye ketiga pasang calon ini nanti akan seru, karena akan sangat minim SARA, dan akan muncul cara-cara kampanye yang penuh kreativitas karena dilakukan oleh anak muda," lanjut Yunarto. (wok/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Novanto Perintahkan Kader All-Out di Pilkada Bolaang Mongondow dan Sangihe


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler