Pertemuan Cak Imin dan Kiai Said Hal Biasa dalam Tradisi NU

Senin, 19 Maret 2018 – 22:20 WIB
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj. Foto: Dok. PKB

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan antara Ketua PB NU Kiai Said Aqil Siradj dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar tak perlu dibesar-besarkan. Apalagi diseret-seret ke ranah politis.

Demikian dikatakan Imdadun Rahmat, selaku Direktur SAS Institute melalui sambungan telepon, Senin (19/3). Menurutnya, pertemuan antara kedua nahdliyin itu adalah hal biasa saja dalam tradisi NU.

BACA JUGA: Dita Indah Sari Bantah Omongan Eva Kusuma Sundari

"Begini lho, Kiai Said adalah guru bangsa, dan Cak Imin itu aset bangsa. Dalam NU, tradisi sungkem itu biasa. Pertemuan itu harus dimaknai secara tulus. Bahwa Cak Imin sebagai santri sungkem kepada kiainya, yakni Kiai Said," papar Imdadun.

Ketika disinggung terkait dukungan Kiai Said kepada Cak Imin, Imdadadun juga menyebutnya sebagai hal yang biasa.

BACA JUGA: Kiai Mataraman Datangi Tempat Lahir Gus Dur demi Cak Imin

"Kepada teman-teman wartawan untuk tidak framing pertemuan di Cilacap secara politis. Sebagai seorang kiai yang diminta pendapatnya oleh santri, harus mendukung. Misalnya besok-besok Pak Mahfud MD meminta restu maju cawapres, pasti Kiai Said juga mendukung," lanjut Imdadun.

Direktur SAS-Institute juga menekankan bahwa pertemuan di Cilacap jangan dimaknai secara organisasional antara ketum PB-NU dan ketum PKB.

BACA JUGA: Pilpres 2019: Sekjen Repdem Sebut Cak Imin Orang Baik

"Pertemuan itu murni kultural antara sosok kiai yang disungkem oleh santrinya. Lebih-lebih derajat seorang kiai harus berdiri di atas kepentingan bangsa dan negara," tutup Imdadun Rahmat. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakar: Nilai Tawar Poros Ketiga Sangat Besar


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler