Perusahaan Harus Aktif Tingkatkan Ketrampilan Pekerja

Kamis, 18 Oktober 2012 – 22:22 WIB
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan perhatian khusus dalam peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM)  dan keterampilan pekerja. Hal tersebut bisa dilakukan  melalui pelatihan-pelatihan kerja yang diadakan di unit traning center masing-masing perusahaan, ataupun bekerja sama dengan balai-balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah.

“Pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan agar meningkatkan kualitas SDM pada pekerjanya. Peningkatan  keterampilan kerja yang dimilki pekerja akan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan,” kata Muhaimin usai meninjau pusat  pelatihan persiapan ASEAN Skills Competition (ASC) IX Tahun 2012 di PT Panasonic Gobel Indonesia di Jakarta  dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLKLN)  Cevest Bekasi, Kamis (18/10) sore.
 
Muhaimin mengatakan, kemitraan pemerintah danengan kalangan industri dan dunia usaha bertujuan untuk  meningkatan keterampilan para pekerja. Hal itu diharapkan dapat membentuk keunggulan  SDM di Indonesia.
 
“Salah satu contoh kemitraan yang baik adalah penyelenggaraan pusat pelatihan calon peserta ASEAN Skills Competition (ASC) IX Tahun 2012. Mereka bisa berlatih bersama dengan para pekerja di perusahaan swasta maupun di balai-balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah,“ kata Muhaimin.
 
Lebih jauh Muhaimin menambahkan, pelaksanaan ASC menjadi momentum bagi Indonesia untuk mengejar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan standar dunia.  Bahkan di antara negara ASEAN sudah sepakat agar standar keterampilan kerja di negara-negara Asia Tenggara ditingkatkan sesuai dengan standar dunia.
Untuk diketahui, ASEAN Skills Competition merupakan kegiatan rutin negara-negara di ASEAN yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Acara ini digelar bertujuan untuk memromosikan keterampilan dan meningkatkan daya saing SDM di ASEAN. (cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 373 TKI Overstayers Tiba, Termasuk 30 Bayi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler