Perusahaan Indonesia Terbaik Meraih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2024

Jumat, 30 Agustus 2024 – 21:04 WIB
Perusahaan Indonesia terbaik meraih penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2024. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 23 perusahaan yang terdiri dari 18 perusahaan BUMN, dua BUMD, dan tiga perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Exellence Award 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang dilaksanakan di Hotel JW Marriott, Jakarta, Jumat (30/8).

Para pemenang penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024 ini dijaring dari sekitar 300 perusahaan dari BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi.

BACA JUGA: Dapat Predikat Perusahaan Terbaik, Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan Naker Award 2024

Kemudian dewan juri bersama tim penyelanggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun Governance, Risk and Compliance (GRC) dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Event yang mengusung tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instabillity ESG Complexities and Cyber Breaches’’ ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

BACA JUGA: APINDO DKI dan Perusahaan Teknologi Sepakat: Digitalisasi Harus Terus Didorong

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2024 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO Businessnews Indonesia Irnanda Laksanawan menjelaskan event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

BACA JUGA: Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi

“GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” Kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC di perusahaannya.

Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Selain Irnanda, Dewi Hanggraeni selaku Chairperson Board of Jury GRC & Performance Excellence Award 2024, yang juga merupakan Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi & Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKD & FEB) Universitas Pertamina serta sebagai dosen UI menjelaskan bahwa dalam menghadapi Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA), perusahaan perlu refocusing penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan (Corporate Governance), dan kepatuhan (Compliance) yang terintegrasi.

“Dengan mulai membaiknya kondisi ekonomi, enhancing of implementation of GRC merupakan suatu keniscayaan. Dimana ke depan, tuntutan kinerja Perusahaan yang lebih baik, value dari model bisnis mengalami perubahan. Termasuk fase perubahan yang sangat cepat, Tata kelola dan regulasi yang dinamis. Selain itu, terutama sektor non keuangan belum seluruhnya secara optimal menerapkan GRC, proses dokumentasi atas monitoring masih ada yang belum konsisten, dan sistem seluruhnya belum terintegrasi, serta proses manajemen risiko termasuk monitoring masih ada yang bersifat silo,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan adanya GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan saat yang tepat untuk me-mapping risiko-risiko di era VUCA, melakukan pembenahan, refocusing strategic objective perusahaan berdasarkan implementasi GRC, dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

“Event ini juga memotivasi para pelaku bisnis untuk menyempurnakan praktik GCG dan penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan, juga mengapresiasi perusahaan yang sudah ber-GRC dengan terus melakukan continuous improvement,” lanjut Dewi.

Selain itu, dengan saran dan masukan dari dewan juri yang sebagian besar merupakan praktisi, birokrat, akademisi dan konsultan senior yang sudah ahli dalam GRC, akan sangat bermanfaat untuk perusahaan ke depannya. Dewi juga menyebutkan manfaat GRC sudah tidak diragukan lagi untuk perusahaan-perusahaan, terutama dalam mengoptimalkan nilai perusahaan.

Adapun penerima lima Stars Diamond, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Jasa Raharja dan Perum Perhutani.

Kemudian penerima lima Stars Gold, yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Kilang Pertamina Internasional, PT Pos Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pertamina Trans Kontinental, PT PLN Energi Primer Indonesia, PT Hutama Karya (Persero) dan PT Jaminan Kredit Indonesia.

Selanjutnya penerima lima Stars Silver, yaitu PT Bank DKI, PT BPD Bali, PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah dan PT BGR Logistik Indonesia.

Kemudian penerima empat Stars Diamond, yaitu PT PLN Indonesia Power Services dan PT Asuransi Jasindo Indonesia. Sedangkan penerima 4 Stars Gold yaitu PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YA Sebar 59 Video Porno Anak dan Orang Dewas Lewat Telegram


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
perusahaan   BUMN   Bumd   BCA  

Terpopuler