Pesan Bu Mega untuk Kader PDIP: Turun ke Rakyat, Sosialisasikan dan Memenangkan Ganjar Pranowo

Sabtu, 29 Juli 2023 – 16:15 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada para kader PDIP Jambi saat Rakerda III DPD Jambi, Sabtu (29/7). Bu Mega memerintahkan kader turun ke rakyat, menyosialisasikan dan memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAMBI - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoutri memerintahkan seluruh kader PDIP untuk turun ke rakyat menyosialisasikan dan memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Di tengah keunggulan sosok Ganjar Pranowo dibanding bakal calon presiden lainnya, kader PDIP diharapkan tetap memetakan situasi dan sanggup merespons strategi lawan.

BACA JUGA: PDIP Jambi Bertekad Meraih 13 Kursi dan Memenangkan Ganjar di Pemilu 2024

Pesan Bu Mega itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Daerah III DPD PDIP Provinsi Jambi di Kota Jambi, Sabtu (29/7).

Hasto mengatakan bahwa Bu Mega pada 21 April 2023 telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. Sejak itu, Hasto melanjutkan, elektabilitas Ganjar terus meroket, meski terus dikoreksi oleh persaingan akibat kontestasi ketat dengan bacapres lainnya.

BACA JUGA: Pilpres 2024, Hasto Optimistis Jokowi Memberikan Dukungan Penuh untuk Ganjar

Politikus asal Yogyakarta itu mengatakan bahwa raihan Ganjar paling positif dibanding bakal capres lain yang sudah deklarasi sejak 1-2 tahun sebelumnya. Hasto menegaskan elektabilitas Ganjar dalam waktu singkat mampu melewati semua bacapres. Meski demikian, Hasto menyampaikan pesan Bu Mega bahwa semua kader jangan terlena dengan hasil survei. Semua kader tetap harus bekerja keras.

“Melalui momentum rakerda di Jambi, atau rakerda di daerah lain, mari kita tegaskan tekad bergotong rotong, menyatukan tekad bahwa tiada hari tanpa soft campaign menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai masa depan kita,” kata Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: Rakerda PDIP Jambi, Hasto Sampaikan Pesan Bu Mega: Kemenangan Diperoleh dengan Kerja di Akar Rumput

“Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan kita, kemenangan itu diperoleh dari akar rumput. Maka harus selalu turun ke rakyat, turun ke bawah, menggalang dukungan rakyat tanpa henti,” lanjut Hasto.

Dia juga menyampaikan bahwa seluruh kader PDIP agar bekerja secara detil, memakai strategi nano targetting.

Kerja detail itu juga termasuk memetakan strategi kompetitor dan meresponsnya dengan cara yang tepat.

Misalnya, Ganjar adalah sosok dengan energi besar seperti Presiden Joko Widodo, sanggup melakukan maraton turun ke rakyat secara langsung.

Hasto mengatakan bisa terlihat kompetitor menggunakan strategi “nempel ala perangko” dengan para influencer demi coattail effect, bahkan hingga influencer sekelas Presiden Joko Widodo.

“Padahal Pak Jokowi dekat sama siapa pun itu karena demi mengurangi resiko politik menjelang pemilu, sehingga pemilu tidak ada risiko politik dan demi mengurangi potensi ketegangan di tengah rakyat. Kita paham, setelah pandemi, Pak Jokowi ingin agar alangkah baiknya bila pemilu tak menghasilkan ketegangan atau masalah baru,” urai Hasto.

Oleh karena itu, Hasto mengingatkan bahwa kader PDIP tidak usah ragu soal siapa yang didukung oleh Jokowi. "Jangan terganggu pemberitaan. Karena siapa pun yang lahir dari PDI Perjuangan, akan punya kesetiaan. Kalau kesetiaan itu diabaikan, rakyat akan mencatat dan kita percaya pada satyam eva jayate,” papar Hasto.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, strategi yang detail dari kader PDIP harus digerakkan.

Termasuk juga kerja membangun kerja sama dan komunikasi politik dengan parpol lain pendukung Ganjar, seperti PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo. “Saya ingatkan kembali pesan Ibu Mega, terjun ke bawah ke rakyat, kenalkan Pak Ganjar Pranowo ke seluruh rakyat Jambi,” ujar Hasto.

Dia pun mengatakan baha Ganjar merupakan penerima estafet dari kepemimpinan Presiden Jokowi. “Modal Pak Ganjar bagus karena tingkat disukainya lebih tinggi. Karena dia orangnya dari kita dan seperti kita, senyumnya digemari, berpengalaman, dan bisa kerja. Pak Ganjar adalah masa depan dan penerima estafet kepemimpinan dari Pak Jokowi,” pungkas Hasto Kristiyanto.

Dalam rangkaian acara rakerda itu, Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soedjono dan Sekjen Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Nasyirul Falakh Amru. Rakerda dihadiri 1.080 pengurus partai dari seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Rakerda dipimpin oleh Ketua DPD PDIP Jambi Edi Purwanto. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler