Pesan Ketum PBNU saat Halalbihalal di Universitas Terbuka

Rabu, 10 Juni 2020 – 09:37 WIB
etua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj. Foto: Humas UT

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA meminta seluruh civitas akademika Universitas Terbuka (UT) untuk memperkuat persaudaraan antarsesama muslim maupun dengan pemeluk agama lainnya, apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19.

Musibah besar yang menghantam dunia internasional termasuk Indonesia harus dihadapi bersama.

BACA JUGA: Lulus SNMPTN 2020, Sebanyak 100 Calon Mahasiswa Baru UT Dapat Beasiswa

Jangan ada silang pendapat yang menyebabkan perpecahan. Semua harus bersatu dan saling gotong royong melewati musibah ini.

"Islam merupakan agama penuh cinta, damai dan rukun. Tidak boleh ada pemusuhan antarras, agama, suku, warna kulit dan bangsa kecuali jika melanggar hukum. Di masa sulit ini kita harus bersatu melewati musibah ini," kata Kiai Said Aqil dalam halalbihalal virtual UT dengan tema Islam Rahmatan Lil’alamin Perekat Persatuan dan Kebersamaan, Selasa (9/6).

BACA JUGA: Kembangkan Mata Kuliah Nasional Metode Daring, AFEBI Gandeng UT

Seorang muslim, lanjutnya, harus mengedepankan amanat insaniyah yaitu membangun hidup yang rukun dan harmoni.

"Halalbihalal ini merupakan salah satu ajang untuk memperkuat persaudaraan antarsesama muslim maupun dengan pemeluk agama lainnya," ucapnya.

BACA JUGA: Dorce Gamalama Menangis, Respons Raffi Ahmad Sangat Mengharukan

Pada kesempatan sama, Rektor UT Prof Ojat Darojat mengungkapkan, nuansa halalbihalal kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini karena pandemi COVID-19, membuat silaturahmi dilakukan lewat virtual. Namun, semangat persaudaraan tetap sama.

"Saya bersyukur meski dalam kondisi pandemi COVID-19 ini masih dapat bersilaturahmi dengan seluruh pegawai dan mahasiswa UT baik di dalam maupun luar negeri," ucapnya.

Sebagai leader dalam pendidikan jarak jauh (PJJ), UT yang sudah memiliki pengalaman selama 35 tahun dalam memberikan layanan virtual, saat ini banyak dimanfaatkan juga oleh perguruan tinggi lain.

Oleh karena itu, UT terus berusaha untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui PJJ yang dapat dijangkau hingga ke pelosok negeri.

“Saya berharap kegiatan halalbihalal ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi semua,” tandas Ojat. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler