Pesan Mengharukan Pak Ganjar untuk Para Seniman yang Terus Berkarya

Minggu, 25 April 2021 – 19:35 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo saat virtual dalam roadshow Panggung Kahanan di Kabupaten Pati, Sabtu (24/4). Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tak henti memberi semangat pada para seniman Jawa Tengah agar tetap berkarya di tengah pandemi covid-19.

“Demi sebuah karya, ruang ekspresi,  kesenangan bersama di tengah kesulitan dengan segala keterbatasan. Maka, kita tidak boleh kekurangan akal, kita mesti tahu, kita mesti inovatif," ujar Ganjar yang disampaikan secara virtual dalam roadshow Panggung Kahanan di Kabupaten Pati, Sabtu (24/4).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Azis Syamsuddin, Daftar KPK, Gaji dan Tunjangan Guru di Indonesia

Hal itu seolah kembali menjawab kerisauan para seniman yang bertanya tentang bagaimana eksis berkarya, memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah Pandemi COVID-19..

Ganjar mengatakan, setelah sukses diselenggarakan tahun lalu, pihaknya sengaja kembali mengadakan Panggung Kahanan untuk memenuhi janji kepada seniman.

BACA JUGA: Pak Ganjar Gencar Beri Dukungan untuk e-Sport Jateng

"Ini janji saya pada seniman. Kami buat Panggung Kahanan, kenapa kahanan? karena kahanane lagi rekoso (usah), maka kami tampil secara virtual, semua (masyarakat) bisa berdonasi, dan akan berikan bantuan itu untuk para seniman-seniman,” ujar Ganjar.

Di lokasi, sejumlah seniman turut ambil bagian menyukseskan acara tersebut. Mereka adalah Aulia Nirwana, Nadia Ulfa, Nita Ardania, Resa Lawangsewu, Nurma Silvi, hingga Sanggar Seni Tondonegoro yang menampilkan Tari Njelmo.

BACA JUGA: Panggung Kahanan ala Pak Ganjar Digelar Lagi, Catat Jadwal Siaran Langsungnya

Tak hanya itu, Lek Mogol dari Ketoprak Wahyu Menggolo juga turut meramaikan gelaran itu.

Sebagai informasi, Pati memang dikenal sebagai daerah dengan banyak kelompok ketopraknya.

"Di Panggung Kahanan, saya dorong teman seniman bisa tampil. Teman seniman ketoprak juga bisa tampil," tutur Ganjar.

Sementara itu, seniman ketoprak Lek Mogol mengaku, dirinya bersama seniman ketoprak lainnya di Pati terkena dampak Pandemi COVID-19.

"Selama pandemi memang membuat seniman ketoprak lesu. Ada sebagian seniman punya pekerjaan lain, tapi memang belum bisa maksimal," kata Lek Mogol.

Namun dengan adanya Panggung Kahanan, membuatnya bisa kembali berkreasi dan menghibur masyarakat.

"Bisa kembali berkreasi," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Resa Lawangsewu, menurutnya Panggung Kahanan merupakan kesempatan para seniman untuk berkreasi lagi meski dengan secara virtual dan waktu yang terbatas.

"Panggung Kahanan, baik acaranya. Cukup baik," ujarnya.

Adapun, penampilan pamungkas dalam roadshow Panggung Kahanan di Kabupaten Pati itu adalah pemutaran film pendek berjudul Trophy yang merupakan serial “Pak Guru” karya Hajar Pramuji, seorang kreator asal Pati dan founder komunitas youtuber Pati.

Hajar mengatakan selama pandemi, dia bersama kawan-kawannya tetap giat memproduksi film. Semangat itulah yang ingin ditularkan Hajar kepada kawan-kawan seniman lainnya.

“Kami rutin seminggu sekali produksi film. Meskipun pandemi, itu tidak menyurutkan semangat kami, karena distribusi hasil karya kami (dipublikasikan) melalui di Youtube,” kata Hajar.

Dia berharap semua seniman tetap semangat, terutama pekerja seni.

"Banyak seniman yang berkreasi, banyak usaha-usaha yang telah berjalan, secara tidak langsung bisa menutup kekurangan dan hambatan di masa pandemi,” harap pemilik Channel YouTube Hajar Pamuji ini. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler