Peserta Pemuda Pelopor dan Pasangan Muda Inspiratif Sambangi Kantor Kemenpora RI

Kamis, 28 Oktober 2021 – 11:19 WIB
Para Pemuda Pelopor tingkat nasional tahun 2021 dan Pasangan Muda Inspiratif saat menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Selasa (26/10). Foto:Bagus/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Ibnu Hasan menemui 48 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dan Pasangan Muda Inspiratif di kantor Kemenpora, Selasa (26/10) sore.

Ibnu memberikan apresiasi kepada para pemuda berkat gagasan unik, fenomenal, dan luar biasa yang mereka usung. Tidak heran program ini bisa memberikan implikasi kepada masyarakat luas meski dengan dana minim.

BACA JUGA: Lewat Potradnas 2021, Kemenpora Dorong Olahraga Tradisional Lebih Dikenal

"Mereka memberikan keteladanan, pembinaan, dan pendidikan secara terus menerus kepada masyarakat. Saya berharap mereka mampu menggerakan kesadaran para pemuda dan masyarakat untuk menebar manfaat," ungkap Ibnu Hasan dalam laman resmi Kemenpora.

"Dengan anggaran yang minimalis program Kemenpora ini harus berimplikasi luas," tambahnya.

BACA JUGA: DWP Kemenpora Gelar Rapat Responsif Gender di Bandung, Ini Hasilnya

Adapun Program Pasangan Pemuda Inspiratif yang sudah memasuki tahun ketiga diharapkan mampu memberi keteladanan bagi setiap keluarga agar lebih berkualitas dan harmonis.

"Sebuah negara yang berkualitas terdiri dari keluarga yang rumah tangganya berkualitas.”

BACA JUGA: Kemenpora Dorong Kerukunan Umat Beragama di ASEAN Melalui AYIC 2021

“Bapak Deputi membimbing kami bagaimana program-program Kemenpora bisa dirasakan dan benar-benar menyentuh akar persoalan, dan mengangkat marwah pemuda,” tambah Ibnu Hasan.

Rencananya, pemenang kegiatan Pemuda Pelopor dan Pasangan Pemuda Inspiratif dan Berprestasi akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Kamis (28/10).

Untuk penjurian sudah berlangsung dari tanggal 24 hingga 27 Oktober 2021 di Hotel Bellezza, Jakarta.

Para peserta Pemuda Pelopor diikuti oleh perwakilan dari 23 Provinsi yang disaring dari tahap administrasi dilanjutkan ke tahap fact finding sebelum penjurian nasional.

Adapun kepeloporan yang diperlombakan meliputi bidang pendidikan, agama, sosial, budaya, pangan, sumber daya alam, lingkungan serta pariwisata, dan inovasi teknologi.

Dari tahap itu, terjaring peserta yang mewakili daerah masing-masing sebanyak 48 peserta.

Dalam arahannya, Deputi Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am meminta para pemuda untuk berkreasi dan berinovasi serta berkarya di bidang masing- masing.

“Pemuda harus terus berkreasi, berinovasi, dan berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara,” tutup Ni’am.(kemenpora/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler