Pesta Gol

Jumat, 08 Juni 2012 – 08:29 WIB

JAYAPURA - Meski kemenangan telak 7-1 atas tamunya PSAP Sigli, Kamis kemarin di Stadion Mandala Jayapura, namun Persipura Jayapura masih berada di posisi kedua klasemen sementara dengan perolehan nilai 58 dan selisih 6 poin dari Sriwijaya FC yang kini sudah 64.

Pertandingan yang berlangsung cukup menarik ditonton itu, Mutiara Hitam mampu membuat pesta 7 gol berhasil bersarang di gawang PSAP Sigli yang dijaga M Sabani. Tujuh gol tersebut masing-masing diciptakan Bio Pauline di menit 6 dan 85 lewat headingnya kemudian Lukas Mandowen di menit 41 lewat tendangan kerasnya.

Selanjutnya Yustinus Pae di menit 46 lewat tendangan kerasnya serta gol hattrick Alberto Goncalves di menit 12, 43 dan menit 45 injuri. Sedangkan gol balasan PSAP Sigli tercipta lewat pemain belakangnya Song Young Lee di menit 63.

Kemenangan besar ini sangat disyukuri Mettu Duaramuri dan memberikan apresiasi kepada Gerald Pangkali dkk yang sudah bisa memberikan yang terbaik pada tim Persipura Jayapura. "Puji Tuhan ya atas kemenangan ini sebab tanpa campur tangan Tuhan kemenangan ini tak mungkin bisa terjadi,"katanya.

Menurutnya, meskipun Persipura Jayapura bisa membuat banyak gol tapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Selain itu, diakuinya bahwa memang pemain Persipura tampil sangat bagus dalam pertandingan ini termasuk pemain PSAP Sigli juga bermain bagus.

Mengenai banyaknya gol yang tercipta lewat heading, Metu mengakui bahwa tentunya berkat latihan yang kerap dilakukan materi passing membuat ketajaman pemain lebih matang. "Selama ini latihan kami fokuskan kepada upaya umpan passing yang selanjutnya disambut heading.

Tentang jalannya pertandingan, Metu menjelaskan bahwa di babak kedua anak asuhnya mampu membuat Sriwijaya FC mulai berpikir dengan gol yang sudah tercipta banyak. Selain itu, lanjutnya, ada kemungkinan Alberto Goncalves mampu melewati Keith Kayamba Gumb dalam perolehan top score.

Sementara itu, Pelatih PSAP Sigli, Jessi Mustamu mengakui bahwa anak asuhnya kalah segala-galanya dari Persipura Jayapura. Kemudian sebagaimana diungkapkan sebelumnya bahwa PSAP Sigli cukup realistis dalam tur Papua.

"Kami hanya ingin menampilkan permainan yang cukup menarik kemudian fair play, untuk itu selamat kepada Persipura Jayapura atas kemenangan ini,"ucapnya.

Diungkapkannya, faktor kekalahan anak asuhnya tak lain karena kelelahan sehingga bermain kurang maksimal. Ditambah lagi dua pemain inti yang harus absen yaitu Sekouw Camara dan kiper andalan. "Inilah yang membuat pola permainan kami kurang maksimal ditambah komunikasi antara pemain sedikit mengganggu,"tandasnya.

Sementara dari jalannya pertandingan sejak wasit Hamsyir meniup pluit tanda dimulainya babak pertama, skuad Persipura Jayapura langsung menekan lini pertahanan PSAP Sigli.

Bahkan di menit 6 Bio Pauline langsung menggetarkan gawang M Sabani lewat headingnya yang memanfaatkan umpan matang tendangan pojok Gerald Pangkali. Di menit 9, Yustinus Pae nyaris menambah gol lewat tendangan kerasnya namun masih melebar.

Setelah Yustinus Pae gagal, Persipura kembali punya peluang di menit 10 lewat tendangan keras Yohanes Tjoe namun masih gagal dan terkena mistar gawang. Menit 12 akhirnya Alberto Goncalves menambah keunggulan lewat heading yang berhasil memanfaatkan umpan Gerald Pangkali didalam kotak penalti.

Peluang Persipura memang cukup banyak namun masih saja gagal dan belum dimanfaatkan baik ketika kerjasama Alberto Goncalves dengan Yustinus Pae di menit 14 kemudian kembali Alberto Goncalves di menit 23 yang berhasil menerima umpan dari Lukas Mandowen namun masih gagal.

Terus tertekan, akhirnya PSAP Sigli punya peluang di menit 28 namun Bio Pauline dan Ricardo Salampessy masih mampu menjaga pertahanan belakang. Persipura kembali menambah kemenangan lewat Lukas Mandowen di menit 41 lewat tendangan kerasnya didepan mulut gawang setelah berhasil memanfaatkan umpan Yohanes Tjoe.

Peluang Beto panggilan akrabnya Alberto Goncalves untuk top score cukup banyak dan gol keduanya tercipta di menit 43 lewat heading umpan dari Gerald Pangkali. Beto kembali mencetak gol sekaligus gol hatricknya di laga ini di menit injuri time babak pertama lewat heading manisnya didepan gawang.

Sampai turun minum, Persipura Jayapura tetap unggul dengan skor 5-0. Usai turun minum, Persipura belum puas dengan kemenangan 5-0 bahkan Yustinus Pae kembali menambah keunggulan Persipura di awal babak kedua tepatnya di menit 46 lewat heading umpan dari Gerald Pangkali.

Tertinggal 6-0, Jessi Mustamu menarik Indra Gunawan menggantikan Herry Saputra di menit 51 kemudian akhirnya berhasil merobek gawang Yoo Jae Hoon di menit 63 lewat Song Young Lee yang berhasil lolos dari jeratan offside sehingga skor menjadi 6-1.

Meski menang, Jacksen tampaknya ingin menampilkan pemain mudanya dengan menarik Lukas Mandowen menggantikan Choi Dong Soo di menit 57. Kemudian menarik Imanuel Wanggai menggantikan David Laly di menit 74 serta menarik Yohanes Tjoe menggantikan Victor Pae di menit 72.

Tak ketinggalan Jessi Mustamu juga menarik Sayuti menggantikan Nanda Zulmi di menit 70 kemudian menarik M Ali menggantikan M Iqbal di menit 84 dengan tujuan bertahan.

Ternyata meskipun mengganti pemainnya, Persipura dengan kombinasi pemain muda akhirnya menambah keunggulan di menit 85 lewat heading Bio Pauline setelah menerima umpan pojok Ortizan Solossa. Sampai pluit panjang dibunyikan tanda pertandingan usai skor menjadi 7-1 kemenangan bagi Persipura Jayapura. (nal)




BACA ARTIKEL LAINNYA... Internal Solid, Swedia Optimis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler