Pesta Gol Lawan Ceko, Portugal Rusak Momen Manis Bek Persija

Minggu, 25 September 2022 – 05:36 WIB
Selebrasi Diego Jota saat membawa Portugal menang dengan skor 4-0 atas Republik Ceko pada laga UEFA Nations League 2022. Foto: Twitter/@EURO2024

jpnn.com - Portugal pesta gol saat melawan Republik Ceko pada matchday kelima UEFA Nations League A Grup 2. 

Bertandang ke Fortuna Arena, Prague, Minggu (25/9/2022), tim berjuluk Selecao das Quinas itu menang dengan skor telak 4-0.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Curacao: Panggung Dimas Drajad

Gol kemenangan Portugal di laga ini dicetak oleh Diogo Dalot pada menit (33', 52'), Bruno Fernandes (45+2'), dan Diogo Jota (82').

Pelatih Portugal Fernando Santos memainkan formasi terbaiknya dengan menurunkan pemain, seperti Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, dan Bruno Fernandes sejak menit awal.

BACA JUGA: Prediksi Poin dan Ranking Timnas Indonesia Setelah Kalahkan Curacao

Kolaborasi ketiganya terbukti membuat pertahanan Ceko yang dikawal David Zima, Jakub Brabec, dan Vaclav Jemelka kewalahan.

Portugal sendiri menciptakan banyak peluang emas pada awal pertandingan melalui Ronaldo, Mario Rui, hingga William Carvalho.

BACA JUGA: Banjir Gol! Timnas Indonesia Lumpuhkan Curacao

Sayang, peluang mereka digagalkan oleh kiper Ceko Tomas Vaclik yang di laga ini bermain cukup apik di bawah mistar gawang.

Portugal yang terus mengurung pertahanan Ceko membuat beberapa pemain lawan frustasi.

Megabintang Portugal Ronaldo, bahkan sampai mendapat perawatan dua kali akibat terluka karena mendapat tekel keras dari pemain bertahan Ceko.

Pada menit ke-12’, terlihat hidung pria berjuluk CR7 itu sampai mengeluarkan darah seusai mengalami benturan keras dengan Vaclik.

Petaka kemudian datang untuk anak asuhan Jaroslav Šilhavy saat bek mereka Jakub Brabec ditarik keluar karena mengalami sedikit masalah di kakinya.

Bek asal tim Aris FC pada Liga Yunani itu kemudian digantikan oleh pemain yang merumput di Persija Jakarta, Ondrej Kudela.

Keluarnya Brabec sedikit meninggalkan lubang karena pemain tengah Portugal sering memenangi duel dengan pemain bertahan Ceko.

Akhirnya Portugal membuka skor melalui Diogo Dalot pada menit ke-33. Pemain asal klub Manchester United itu mampu membuka keran gol juara Piala Eropa 2016 seusai memanfaatkan bola liar di depan gawang Ceko.

Unggul 1-0 membuat tim asuhan Fernando Santos menaikkan intensitas permainan dengan terus mengurung pertahanan Ceko.

Gol kedua jawara UEFA Nations league 2019 itu lahir melalui Bruno Fernandes seusai menerima umpan manis dari pemain Napoli, Mario Rui dari sisi sayap pada penghujung babak pertama.

Republik Ceko punya peluang untuk memperkecil kedudukan seusai Ronaldo menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti.

Wasit yang melihat kejadian itu langsung memberikan hadiah penalti untuk tim berjuluk Naro ak tersebut.

Sayang, Patrik Schick yang menjadi algojo gagal mencetak gol seusai tendangannya melambung tinggi ke atas gawang Portugal. 

Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan Portugal atas Ceko bertahan hingga wasit Srdjan Jovanovic meniup peluit tanda babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, tim asal Eropa Barat itu memperlebar keunggulan melalui gol kedua Dalot yang sangat apik dari luar kotak penalti pada menit ke-52.

Portugal menutup skor dengan keunggulan 4-0 seusai pemain pengganti Diogo Jota mencetak gol seusai meneruskan bola tandukan Ronaldo dari situasi sepak pojok.

Dengan hasil ini, Portugal untuk sementara mengambil alih puncak klasemen Grup B dengan 10 poin. 

Cristiano Ronaldo cum suis punya peluang lolos dari fase grup UEFA Nations League jika di laga terakhir Rabu (28/9/2022) mampu mengalahkan Spanyol.

Adapun untuk Ceko, kekalahan dari Portugal membuat Tomáš Soucek dan kawan-kawan masih menghuni dasar klasemen dengan raihan empat poin.(mcr16/jpnn)

Susunan pemain Republik Ceko melawan Portugal

Republik Ceko (3-4-3): Tomas Vaclik; David Zima, Jakub Brabec, Vaclav Jemelka; Vladimir Coufal, Alex Kral, Tomas Soucek, Jaroslav Zeleny; Antonin Barak, Adam Hlozek; Patrik Schick.

Pelatih: Jaroslav Šilhavý

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Mário Rui, Danilo Pereira, Ruben Dias, Diogo Dalot; William Carvalho, Ruben Navas; Rafael Leão, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler