Pet! Peserta Unas Langsung Riuh

Selasa, 14 April 2015 – 05:16 WIB
Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos/JPNN

JAKARTA - Pelaksanaan ujian nasional (unas) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di hari pertama kemarin, berbagai masalah langsung bermunculan.
 
Masalah unas paling awal terdeteksi di SMKN 2 Jayapura yang melaksanakan unas berbasis komputer (computer based test/CBT). Gara-gara terjadi pemadaman listrik, siswa yang sedang tenang melaksanakan unas tiba-tiba riuh. Komputer mereka mati semua.
 
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam mengatakan, unas CBT di SMKN 2 Jayapura terhenti antara sekitar 10 menit hingga 20 menit. Pihak sekolah lantas langsung mengontak PLN supaya listrik segera dinyalakan.

"Setelah listrik nyala, siswa kembali melaksanakan ujian dengan tenang," jelas dia di Jakarta kemarin.
 
Gangguan di SMKN 2 Jayapura ini juga terjadi di SMK Negeri 2 Sampit. Unas online di sekolah favorit di Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah itu sempat terhenti karena listrik padam mendadak. Tetapi, setelah terhenti setengah jam, bisa diatasi dengan genset
 
Nizam mengatakan listrik di sekolah-sekolah pelaksana unas CBT harus dijamin tidak terkena pemadaman. Sebab tidak semua sekolah pelaksana unas CBT memiliki alat penyimpan daya listrik darurat. (wan/owi/ina/fim/jpnn/kim)

BACA JUGA: Pemadaman Listrik Warnai Hari Pertama Unas Berbasis Komputer

 

BACA JUGA: Temukan Kecurangan UN? Laporkan ke Sini

BACA JUGA: Lihat Nih... Guru Jarang Hadir, Warga Marah Lalu Tutup Sekolah Ini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Anak Berkebutuhan Khusus, Ini Pesan Anies Pada Guru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler