Pet Shop, Jasa Penitipan Binatang yang Untung Dua Kali Lipat saat Lebaran

Keselamatan dan Kesehatan Hewan Terjaga

Kamis, 08 Agustus 2013 – 13:13 WIB

jpnn.com - Bagi sebagian orang, momen libur Lebaran tak jarang bikin pusing. Pembantu mudik, pekerjaan rumah menumpuk. Kalau ikut mudik, binatang peliharaan bisa ikut terbengkalai. Di momen itulah, pet shop alias toko binatang peliharaan panen besar. Mereka menerima penitipan binatang yang ditinggal mudik pemiliknya.

= = = = = = = = = = =

BACA JUGA: Ketika Guru Besar IAIN Sunan Ampel Jadi Imam dan Penceramah Ramadan di Tokyo

ANDA ingin mudik, tapi kasihan melihat si meong, si gukguk, atau kelinci sendirian di rumah? Anda ingin menengok kampung halaman sembari libur Lebaran, tapi tak mau repot membawa binatang kesayangan Anda? Jangan khawatir. Tak perlu repot-repot memikirkan kondisi binatang kesayangan Anda saat libur Lebaran.

Kini, kian banyak tempat penitipan hewan peliharaan yang tetap beroperasi full saat libur Lebaran. Salah satunya adalah toko penjual binatang (pet shop) yang ikut terjun pada bisnis penitipan hewan selama libur Lebaran.

BACA JUGA: Hanya Bupati dan Juru Kunci Boleh Masuk di Ruang Koleksi Rahasia

Dengan demikian, pemeliharaan hewan -baik dari sisi kesehatan maupun penyediaan pangan- semakin mudah. Tarifnya pun terbilang ramah di kantong. Misalnya, untuk sehari penitipan sekaligus perawatan kucing, penyedia layanan tersebut mematok tarif sekitar Rp 40 ribu. Itu sama dengan tarif penitipan kelinci. Kalau anjing, biayanya lebih besar. Yakni, Rp 55 ribu-Rp 60 ribu.

Radar Bekasi (JPNN Group) mengunjungi sejumlah tempat penitipan hewan yang tetap beroperasi dalam momen libur Lebaran itu. Yang pertama adalah tempat penitipan hewan Yosela di bilangan Pekayon, Bekasi Selatan.

BACA JUGA: Republik Tropis Jadi Desain Scraf Limited Edition

Linda, pemilik penitipan hewan tersebut, mengaku sudah dua tahun ini usaha yang dirintisnya mengalami kemajuan. Bahkan, setidaknya dia bisa membuka dua cabang lagi di wilayah lain.

Linda tak menutupi kenyataan bahwa tempat usahanya bisa untung dua kali lipat saat momen Lebaran. Pada hari biasa, 70 kandang yang miliknya hanya diisi 30-40 hewan. Tapi, saat ini, seluruhnya full. Isinya beragam. Mulai kucing, kelinci, hingga anjing.

Sebagai bentuk pelayanan ekstra, Linda memberikan paket 10 hari penitipan plus gratis memandikan binatang. "Binatang yang sudah dititipkan akan kami pelihara dengan baik sampai waktu pengambilan," ungkap Linda.

Meski Lebaran adalah momen panen, tak semua tempat usaha meraup untung besar tahun ini. Galaxy Pet Shop di bilangan Cikunir misalnya. Arif, penjaga penitipan hewan tersebut, mengeluhkan penurunan omzet di tempat kerjanya pada tahun ini.

Berdasar keterangannya, tahun lalu ada 25 binatang yang dititipkan. Tahun ini jumlahnya hanya 20. Salah satu faktor penurunan itu adalah kewajiban pemeriksaan kesehatan bagi hewan yang akan dititipkan. Bahkan, binatang seperti kucing dan anjing harus divaksin terlebih dahulu.

"Sebenarnya, kemarin banyak yang ingin menitipkan. Karena harus melewati prosedur pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, mereka yang ingin buru-buru dan praktis pun tidak jadi menitipkan di tempat kami," beber pria asli Pekalongan itu.

Sementara itu, Dian, salah seorang pemudik yang menitipkan kelincinya di Yosela Pets Shop, mengungkapkan bahwa dirinya sangat terbantu oleh tempat penitipan binatang peliharaan tersebut. Sebab, dia tak perlu khawatir dan cemas meninggalkan kelincinya saat mudik ke Surabaya selama sepekan.

Dia pun mengaku sudah berlangganan menitipkan kelinci berumur 1,5 tahun tersebut. "Di rumah sudah tidak ada orang. Kelinci saya pun tidak mungkin saya bawa ke Surabaya. Mumpung ada tempat penitipan, kenapa enggak dimanfaatkan?" tuturnya. (muh/c6/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gabungkan Lezat dan Sehat, Banjir Order dari Brand Terkemuka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler