Petahana Bangun Koalisi Besar di Pilwako Jambi

Jumat, 28 Juli 2017 – 03:45 WIB
Wali Kota Jambi Sy Fasha. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, JAMBI - Calon Wali Kota petahana Syarif Fasha mengincar koalisi besar di Pilwako Jambi 2018.

Buktinya, perburuan dukungan terus dilakukan untuk memantapkan dukungan menjadi orang nomor satu di bumi Tanah Pilih Pusako Betuah.

BACA JUGA: Gerindra Dorong Maulana Jadi Pendamping Fasha

Tercatat ada 8 dari 11 partai politik (Parpol) peserta pemilu 2014 yang sudah dijajaki. Partai itu adalah Golkar, Gerindra, Hanura, PPP, PKS, PBB, NasDem, dan PKPI.

Bila dukungan ini rampung, ada 22 dari 45 kursi parlemen yang bakal dikantongi. Belum lagi, rencananya Sy Fasha juga ingin mendaftar di penjaringan Demokrat, PKB dan PAN.

BACA JUGA: Haris Ditawari Dua Opsi, Salah Satunya Jadi Kader PDIP

Bila dukungan ini menyatu, maka akan membuat penantang sedikit kerepotan. Meski memungkinkan untuk maju, tapi mesin partai yang digunakan akan sedikit terbatas.

Rahman Dila, Tim Center Sy Fasha tidak menampik bakal adanya koalisi besar yang dibangun. Karena kedepan pihaknya akan terus memantapkan dukungan Parpol menuju BH 1 AZ.

BACA JUGA: Sy Fasha Jadi Pendaftar Perdana di Gerindra dan Hanura

“Memang kita masih akan menjajaki partai. Sebab, selama kemepimpinan Sy Fasha kemarin, kita memiliki hubungan baik dengan semua Parpol ini,” ujarnya, Rabu (26/5) kemarin.

Rahman mengatakan ada tiga partai akan dijajaki. Sebagai langkah awal, pihaknya sudah melakukan komunikasi untuk memastikan mekanisme panjaringan dan penentuan dukungan.

“Ada tiga partai lagi, Demokrat, PAN dan PKB. Kalau bisa kita ingin merapat ke partai ini. Maka semuanya akan kita upayakan,” katanya.

Namun komunikasi terakhir intensif dilakukan dengan Demokrat. Sebab sebagai pemilih kursi terbesar, dukungan Demokat juga menentukan.

“Yang intensif dengan Demokrat, mungkin setelah kita akan melihat dan memutuskan dalam rapat diinternal untuk mendaftar ke partai mana lagi,” katanya.

Disamping itu, Kemas Faried Alfarely (KFA) menyebutkan pihaknya juga telah mengikuti penjaringan di Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dia berharap dua partai ini bisa bersama di Pilwako nanti.

“Kita berharap agar PKPI dan PPP bisa bersama di Pilwako nanti. karena dua partainya memiliki basis yang besar di Kota Jambi,” ungkapnya.

Sementara itu, Paris Siregar Ketua DPK PKPI Kota Jambi tampak memberikan sinyal dukungan. Dia menilai kepemimpinan membawa banyak perubahan untuk Kota Jambi.

“Kalau kita lihat Kota Jambi sudah berubah. Maka ini adalah poin bagi kita untuk menentukan dukungan,” katanya.

Dia mengatakan PKPI memberikan dukungan berdasarkan hasil survei. Sejauh ini hasil survei Fasha masih paling tinggi.

"Kalau surveinya masih terus seperti ini, kita positif. Kita lihatlah," ucapnya seperti dilansir Jambi Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini.

Sekretaris DPC PPP Kota Jambi, A Haris R menagatakan Sy Fasha menjadi satu-satunya calon yang mendaftar di partainya. "Ini hari terakhir dan Alhamdulillah Pak Fasha mengambil formulir disini," katanya.

Meski hanya ada satu calon, pihaknya tetap akan melakukan rapat pimpinan, selanjutnya meneruskan hasil penjaringan ke DPP. “kalaupun ada satu, kita tetap akan menggelar Rapim dan hasilnya kita lanjutkan ke DPP,” pungkasnya. (aiz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fasha Sudah Kantongi Nama-nama Kandidat Wakil


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler