Petai Lumajang Jatim Diekspor ke Malaysia, Rp 750 Juta per Pekan

Rabu, 08 Februari 2023 – 11:39 WIB
Petai asal Lumajang yang diekspor ke Malaysia setiap pekan Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang

jpnn.com - LUMAJANG - Petani di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, masih terus mengekspor petai berkualitas ke Malaysia.

Setiap pekan dilakukan ekspor petai dengan kapasitas 3-7 ton senilai sekitar Rp 350 juta hingga Rp 750 juta.

BACA JUGA: 5 Manfaat Suka Makan Petai, Nomor 1 Bikin Tenang

"Rata-rata setiap minggu, petai dari Ranuyoso Lumajang yang diekspor ke Malaysia sekitar 3-7 ton," kata Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Ranuyoso, Abdul Alim dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Rabu (8/2).

Ekspor petai dari Kecamatan Ranuyoso telah dilakukan sejak 10 tahun lalu.

BACA JUGA: 6 Manfaat Air Rebusan Kulit Petai Campur Madu, Nomor 2 Cocok untuk Kaum Pria

Petai yang diekspor tersebut, kata Abdul, berasal dari hasil panen kebun rakyat di Desa Tegalbangsri.

"Aktivitas ekspor petai itu dipelopori oleh usaha keluarga Pak Hendi dan telah berlangsung sekitar 10 tahun lalu. Alhamdulillah hingga saat ini aktivitas ekspor petai masih berjalan dengan lancar," tuturnya.

BACA JUGA: Kusnadi Mundur dari Ketua DPD PDIP Jatim, Pengamat: Tindakan Gentleman

Ciri Khas Petai Lumajang

Dia menjelaskan, petai yang dihasilkan dari kebun rakyat di Lumajang memiliki ciri khas sendiri yakni memiliki tekstur tebal dan rasa yang agak manis, sehingga diminati masyarakat luas.

"Di Jawa Timur, komoditas petai yang memiliki kualitas paling bagus adalah dari Lumajang, tepatnya di Kecamatan Ranuyoso dan Senduro," katanya.

Proses pengiriman petai dalam bentuk sudah dikupas, kemudian dikemas dalam boks yang prosesnya juga melibatkan masyarakat sekitar, sehingga dapat memberikan tambahan penghasilan untuk membantu keluarga di Kecamatan Ranuyoso.

"Saya bersyukur karena aktivitas ekspor petai itu dapat memberikan dampak positif yang dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka," ujarnya.

Mayoritas warga di Desa Tegalbangsri, Kecamatan Ranuyoso, menanam petai di kebun dan pekarangan rumah karena desa tersebut juga menjadi salah satu sentra petai di Kabupaten Lumajang. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Petai   ekspor petai   Lumajang   Jatim   Malaysia  

Terpopuler