Petani Dibekali Manajemen Pupuk di Program Sekolah Lapang

Jumat, 10 Desember 2021 – 19:49 WIB
Peran sekolah lapang daerah irigasi dirasakan para petani dan penyuluh di Kabupaten Pasaman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PASAMAN - Program Sekolah Lapang (SL) yang dilaksanakan di daerah irigasi Batang Tongar, Kecamatan Pasaman, Sumbar, memberikan dampak signifikan terhadap petani di sana. Kemampuan mereka dalam bertani meningkat.

Para petani makin paham bagaimana manajemen pra dan pascapanen.

BACA JUGA: Pasaman Gencarkan Pelatihan Combine Harvester

"Kegiatan diikuti sekitar 25 orang," ujar penyuluh setempat Romi Andesla melalui keterangan tertulisnya, Kamis (9/12).

Romi memaparkan materi yang disampaikan kepada petani di antaranya mengenai bagaimana melakukan uji lahan.

BACA JUGA: Irjen Rudy Heriyanto Sudah Gerah: Tembak di Tempat

Petani diberikan pemahaman soal bagaimana mengetahui jumlah pupuk yang seharusnya dipakai di lahannya, sehingga penerapan pupuk lebih berimbang.

"Selain itu dapat menghemat pengeluaran, menekan kerusakan lingkungan dan produksi sesuai target," katanya.

Ada pula kegiatan praktik antara lain turun ke sawah untuk mengambil contoh tanah dengan cara yang benar, selanjutnya dianalisis oleh masing-masing kelompok. Tujuannya, untuk mengetahui kandungan NPK tanah sawah yang dianalisa menggunakan PTUS apakah termasuk kategori sangat rendah, rendah, sedang dan tinggi.

"Dengan begitu peserta bisa membedakan bahwa pupuk itu palsu atau tidak," ujar dia.

Romi menyebut IPDMIP memiliki dampak bagus terhadap peningkatan kompetensi para petani. Mulai dari bagaimana meningkatkan produktivitas padi, merehabilitasi jaringan irigasi, mencetak sawah beririgasi, menjamin tersedianya air untuk irigasi, hingga meningkatkan infrastruktur pertanian.

"Kami optimis ketika ini makin masif maka kedaulatan pangan nasional bisa terealisasi," kata dia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menegaskan program IPDMIP menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi sehingga pada akhirnya kesehatan petani bisa meningkat.

Menurutnya, IPDMIP harus berperan mendorong proses transformasi dari sistem pertanian tradisional menjadi modern. Untuk itu, SDM-nya harus digarap lebih dahulu.

"Mereka adalah petani, penyuluh, petani milenial melalui pelatihan,” kata Dedi.

Sistem pertanian tradisional, katanya, dicirikan oleh produktivitas yang rendah, penggunaan varietas lokal, dikerjakan secara manual atau dengan bantuan tenaga ternak. Sistem pertanian ini belum memanfaatkan mekanisasi pertanian serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Pertanian modern dicirikan masifnya varietas berdaya hasil tinggi, menerapkan mekanisasi dan pemanfaatan teknologi era industri 4.0,” kata Dedi. (rhs/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler