Petani Keluhkan Persoalan, Mama Emi Janjikan Solusi

Minggu, 13 Mei 2018 – 11:22 WIB
Emilia Julia Nomleni. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, ALOR - Para petani di Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungkapkan keluhan lantaran tidak bisa menjual hasil panen mereka. Padahal, komoditas pertanian di Alor Timur Laut sangat beragam.

Petani di Kecamatan Alor Timur Laut mengungkapkan hal itu ketika berdialog dengan Calon Wakil Gubernur NTT Emilia J Nomleni, Sabtu (12/5). Petani bernama Soleman Kaminglet (40) mengungkapkan, warga setempat dalam setahun bisa memanen vanili, kemiri, kenari, hingga sirih pinang.

BACA JUGA: Warga Alor Siap Menangkan Mama Emi demi Kemajuan NTT

Hanya saja, petani di Alor Timur Laut kesulitan menjual panenan mereka. "Persoalannya adalah infrastruktur jalan yang buruk. Kami mengalami kendala, karena susah menyalurkan hasil pertanian kami ke wilayah lain,” kata Soleman di hadapan Emilia dalam kampanye dialogis di Desa Waisika.

Soleman pun meminta Mama Emi -panggilan beken Emilia- jika kelak memimpin NTT agar peduli pada persoalan tersebut. “Kami berharap kepada Mama Emi jika terpilih nanti bisa memerhatikan persoalan kami ini," imbuhnya.

BACA JUGA: Bu Mega dan Mbak Puan Bakar Semangat Kader Banteng Jateng

Selain itu, Soleman juga membeberkan persoalan lain. Warga Desa Wisika itu menjelaskan, sebagian besar warga setempat adalah petani.

Hanya saja, petani di Kecamatan Alor Timur Laut masih menggarap lahan pertanian secara manual. “Kami juga meminta, agar Mama Emi bisa memperhatikan kami dengan menyumbangkan traktor untuk bertani," harapnya.

BACA JUGA: PDIP Sebut Kemenangan Mahathir Bukti Rakyat Ogah Isu SARA

Selain itu, kata Soleman, di wilayahnya juga terdapat banyak industri berskala kecil yang masih membutuhkan bantuan modal. Karena itu dia meminta Mama Emi bisa membantu permodalan.

"Tentu ini juga menjadi harapan kami. Banyak industri-industri rumah tangga yang sangat membutuhkan bantuan modal. Ini menjadi catatan kami, dan juga Mama Emi jika terpilih nanti," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Mama Emi mengatakan bahwa penguatan ekonomi rakyat akan menjadi program unggulan paket Marhaen. Salah satunya melalui bantuan modal.

"Kami akan memberikan modal-modal usaha kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengelolah sesuai kebutuhannya. Penguatan ekonomi menjadi program unggulan kami," ujar Mama Emi.

Politikus PDIP itu juga berjanji memperbaiki infrastruktur. “Infrastruktur menjadi hal yang sangat urgen untuk kami selesaikan," tegasnya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas 10 Parpol Anjlok, PDIP dan Gerindra Moncer


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler