Petinggi PDIP Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Tak Dikenal

Rabu, 17 Agustus 2022 – 20:54 WIB
Jajaran DPP PDI Perjuangan menggelar doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jakarta Selatan, Rabu (17/8). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran DPP PDI Perjuangan menggelar doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jakarta Selatan, Rabu (17/8).

Jajaran DPP PDIP yang dipimpin Sekjen Hasto Kristiyanto mengawali kegiatan tabur bunga ke makam pahlawan tak dikenal.

BACA JUGA: Saat Elite PDIP Berlomba Makan Kerupuk, Lihat Siapa yang Terlalu Bersemangat?

Hasto bersama sejumlah Pimpinan DPP PDIP, antara lain Hamka Haq, Nusyirwan Soedjono, Eriko Sotarduga, Djarot Saiful Hidayat, Sri Rahayu dan Sadarestuwati.

Juga ikut hadir sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR RI,  pengurus DPD dan DPC Partai se-DKI Jakarta serta Kepala Sekretariat PDI Perjuangan Yoseph Aryo Adhi Dharmo.

BACA JUGA: Ditanya Poros Gerindra-PKB, Basarah PDIP Singgung Mandat Megawati ke Puan

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Tiba di gerbang utama TMP, elite PDIP berdiri rapi dan memberi salam hormat ke arah makam.

BACA JUGA: Di Depan Bobby, Hasto Sampaikan Sikap Politik PDIP untuk Pilpres, Apa Itu?

Hasto dan rombongan tampak mengenakan batik lengan pendek dan peci hitam.

Acara ziarah kubur dan doa dipusatkan di Makam Tanpa Nama.

"Ibu Megawati berpesan bahwa sebagai bangsa besar adalah yang hormati perjuangan para pahlawan bangsa. Di hari yang keramat ini, hari kemerdekaan yang diperjuangkan dan pengorbanan para pahlawan bangsa, kami datang untuk mengkhidmati perjuangan para pahlawan. Mereka gugur demi suatu keyakinan bahwa Indonesia bisa merdeka. Di dalam hal itulah, kita bisa akan meneruskan perjuangan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur," urai dia.

Megawati, lanjut Hasto, kerap mengajarkan kepada kader PDIP untuk mengenang jasa para pahlawan. "Termasuk para cucu beliau agar jangan lupa dengan para pahlawan tak dikenal," lanjut Hasto.

Doktor Ilmu Pertahanan itu menilai para pahlawan menginginkan Indonesia menhadi bangsa yang merdeka yang meletakkkan nasib di atas tangan sendiri.

Hasto menyampaikan Ketua Umum PDIP dalam arahannya mengingatkan agar berpegang pada Jasmerah, jangan sesekali meninggalkan sejarah.

"Sebagai bagian penghormatan kita bersama-sama berdoa dengan hikmat. Berdoa agar para pahlawan bangsa yang berjuang untuk tanah air mendapat tempat yang terbaik di surga dan keluarga ditinggalkan bergelora semangat perjuangan para pahlawan bangsa," ucap Hasto.

Hasto menyebutkan Bung Karno pernah berkata perjuangan untuk bangsa dan negara tidak pernah sia-sia.

"Dengan ziarah ini sekaligus menjadi kultur untuk cinta tanah air dan berdedikasi terhadap tanah air sehingga perjuangan para pahlawan tidak sia-sia," pungkas Hasto.

Ketua DPP Bidang Agama Hamka Haq lalu mengambil bagian memimpin doa.

Kemudian Hasto dan rombongan bergeser ke makam tokoh senior PDIP, seperti Taufiq Kiemas,Tjahjo Kumolo, Theo Syafei, dan Sabam Sirait.

Hasto meletakkan setangkai kembang di atas pusara mantan Ketua MPR RI yang diikuti rombongan. Hal yang sama dilakukan di makam yang dikunjungi. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Berpatokan ke Dinamika Politik Sebelum Putuskan Capres-Cawapres 2024


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler