Petugas Dikagetkan Temuan 92 Karung Ular

Senin, 03 Juni 2013 – 19:27 WIB
LUBUKLINGGAU - Aparat Polsek Lubuklinggau Barat dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), menemukan barang tidak biasa dalam razia kemarin (2/6). Saat memeriksa angkutan umum dan barang di Pos LLAJ Terminal Watas, Kota Lubuklinggau, sekitar pukul 09.00, mereka menemukan 92 karung plastik dan 40 boks plastik berisi ular sanca batik atau sanca kembang (Python reticulatus).

Ular sanca dengan panjang 6-8 meter yang mulutnya dilakban itu ditemukan dalam minibus mirip mobil travel nopol BA 3701 BL. Mobil itu disopiri Zahki Fahmi dengan kernet Sukin, warga Desa Manna, Bengkulu. Di mobil tersebut juga ada Karnida, warga Desa Manna, yang diduga pembawa ular tersebut.

''Mereka mengaku membawa ular itu dari Bengkulu ke Jambi. Saat kami periksa, mereka menunjukkan surat-surat resmi penangkaran ular sanca dan pengangkutannya. Karena itu, kami melepas mereka. Apalagi, ular sanca memang tidak termasuk satwa yang dilindungi," jelas Kapolres Lubuklinggau AKBP Chaidir.

Ular sanca batik biasa dimanfaatkan warga, khususnya pelaku usaha, untuk memenuhi beberapa kebutuhan. Misalnya, bahan baku tas, dompet, ikat pinggang, dan cenderamata lain. Ular itu kadang juga dikoleksi atau dimanfaatkan sebagai bagian atraksi dalam berbagai acara.

Sejauh ini, ular sanca batik belum masuk kategori hewan yang dilindungi. CITES (konvensi perdagangan internasional untuk spesies-spesies tumbuhan dan satwa liar yang terancam punah) memasukkannya dalam Apendiks II. Artinya, bisa diperdagangkan, tetapi dengan kontrol ketat. Karena kebutuhan atas ular sanca batik tergolong besar, ada pengawasan dalam pemanfaatannya. Salah satunya melalui penangkaran. ''Baru sekali ini saya membawa ular sanca dari Desa Manna, Bengkulu, ke Jambi," kata Karnida.

Sementara itu, saat masih diamankan di Mapolsek Lubuklinggau Barat, 92 karung dan 40 boks berisi ular sanca tersebut menarik perhatian warga. Puluhan warga berdatangan ke mapolsek untuk melihat dari dekat ular besar dalam jumlah banyak itu. Tidak sedikit pula yang berpose dekat ular-ular tersebut. (wek/jpnn/c7/soe)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNN Tambah Personil di Bandara Kuala Namu

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler