Piala Dunia 2018: 8 Catatan Menarik Jelang Rusia vs Kroasia

Sabtu, 07 Juli 2018 – 19:58 WIB
Rusia vs Kroasia. Foto: fifa

jpnn.com, SOCHI - Perempat final pemungkas di Piala Dunia 2018 akan mempertemukan tuan rumah Rusia melawan Kroasia di di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Sochi, Minggu (8/7) dini hari WIB.

Sebagai tuan rumah, Rusia mungkin lebih mendapat dukungan fan di stadion. Namun Alan Dzagoev Cs tak bisa memandang remeh Kroasia yang memiliki sejumlah pemain bintang seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, dan Mario Mandzukic.

BACA JUGA: Perempat Final Piala Dunia 2018: Prediksi Swedia vs Inggris

Jelang laga, tersaji sejumlah fakta menarik yang datang dari kedua tim. (bep/jpc)

Berikut ulasannya:

BACA JUGA: Lawan Rusia, Kroasia Pengin Ulangi Kisah Manis 1998

1. Di pertandingan resmi, Rusia dan Kroasia baru dua kali bertemu. Mereka bentrok pada babak kualifikasi Piala Eropa 2008 dimana saat itu laga selalu berakhir dengan skor 0-0.

2. Sejauh ini baru lima negara tuan rumah yang lolos ke perempat final dan melanjutkan langkahnya hingga babak semifinal. Mereka adalah Italia (1990), Prancis (1998), Korea Selatan (2002), Jerman (2006), dan Brasil (2014). Jika menang atas Kroasia, Rusia bisa menyamai prestasi tersebut.

BACA JUGA: Ini Taruhan Ibrahimovic - Beckham di Laga Swedia vs Inggris

3. Bagi Rusia, ini menjadi perempat final pertama yang mereka injak sejak 1970 silam. Ketika itu Rusia masih bernama Uni Soviet.

4. Dalam 12 gol terakhir Kroasia di Piala Dunia, 10 di antaranya lahir di babak kedua.

5. Bagi Kroasia, ini menjadi perempat final kedua setelah Piala Dunia 1998.

6. Kroasia punya catatan buruk ketika berjumpa tuan rumah Piala Dunia. Pada 1998, mereka kalah 1-2 dari Prancis. Kemudian pada 2014, Kroasia takluk 1-3 dari Brasil.

7. Bila adu penalti tidak dihitung, Kroasia sudah mencetak delapan gol dari empat penampilannya di Piala Dunia 2018. Sementara gawang mereka sendiri sudah kecolongan tiga gol.

8. Di sisi lain, Rusia telah mencetak sembilan gol berbanding kemasukan lima gol. Lima dari gol Rusia terjadi saat mereka menghadapi Arab Saudi di laga pembukaan. Sementara dua gol yang bersarang ke gawang mereka terjadi karena aksi bunuh diri.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serangga Ikut Menyerang Hugo Lloris saat Uruguay vs Prancis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler