Piala Indonesia: Semen Padang FC Benahi Tim Usai Kalah dari PS Tira

Selasa, 29 Januari 2019 – 15:42 WIB
Skuat Semen Padang FC. Foto: Official Semen Padang

jpnn.com, PADANG - Semen Padang FC menggelar evaluasi setelah takluk 1-2 dari PS Tira pada leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia, Jumat (25/1) lalu.

Ini dilakukan di dalam ruangan dengan menyaksikan video rekaman pertandingan.

BACA JUGA: Tahan Imbang Perseru, Beban Mitra Kukar Main di Kandang Berkurang

Hal tersebut diungkapkan Asisten Pelatih Semen Padang FC, Welliansyah. Dari evaluasi itu terlihat, tim berjuluk Kabau Sirah ini punya masalah pada lini per lini yang terlalu berjarak. Selain itu, para pemain juga kurang maksimal dalam hal pressure.

”Saat lawan naik menyerang pemain, pemain kita tidak sering menekannya. Pressure kita lemah. Kerja sendiri-sendiri,” ungkap mantan penggawa Semen Padang FC era 90-an itu, usai memimpin latihan Shukurali Pulatov dan kawan-kawan di Stadion H. Agus Salim, Padang, (28/1) sore.

BACA JUGA: Piala Indonesia: Persija Cetak 8 Gol, 757 Kepri Jaya Cuma 2

Persoalan tim kebanggaan urang awak ini tidak itu saja. Welliansyah mengatakan, transisi menyerang ke bertahan anak asuhnya juga lemah. Demikian juga sebaliknya, dari bertahan ke menyerang.

”Itu kita perbaiki. Hari ini (kemarin, red) kami lebih banyak latihan pressure. Pressure di depan, sepertiga pertahanan, dan pressure di daerah pertahanan sendiri,” terangnya.

BACA JUGA: Persija Bungkam 757 Kepri Jaya FC, Simic: Hari Ini Spesial, Luar Biasa

Semen Padang FC akan kembali berlaga pada Sabtu (2/2) mendatang kontra PS Tira. Kali ini laga leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia itu akan dilangsungkan di kandang PS Tira di Stadion Pakansari, Bagor.

Agar bisa lolos ke babak selanjutnya, Riski Novriansyah dan kawan-kawan butuh kemenangan dengan gol lebih dari dua. Untuk itu, Welliansyah telah menekankan kepada anak asuhnya, untuk langsung mem-pressure PS Tira dalam laga nanti.

Hanya saja, sejumlah pemain yang jadi starter pada leg pertama, saat ini dalam kondisi cedera. Yakni Irsyad Maulana dan Novrianto. Keduanya mengalami cedera engkel kaki kanan. Khusus untuk Irsyad, cedera itu didapatnya pada akhir laga kontra PS Tira Jumat (25/1) lalu.

Pada latihan kemarin, keduanya terlihat berlatih terpisah dipinggir lapangan didampingi fisioterapis Semen Padang FC. ”Kami akan melihat kondisi mereka satu dua hari ini,” ungkap Welliansyah, ketika ditanya apakah mereka bisa dimainkan dalam leg kedua mendatang.

Hal senada juga diungkapkan dokter tim Semen Padang FC, Ibrahim Iskandar. ”Lihat (kondisi mereka) sampai Rabu (mendatang). Kalau bisa ikut latihan, berarti bisa (dimainkan pada leg kedua mendatang),” sebutnya.

Kabar baiknya, untuk leg kedua mendatang, Semen Padang FC bisa memainkan Syaiful Indra Cahya. Mantan pemain timnas Indonesia itu pada leg pertama tidak masuk line up karena masih dalam pemulihan cedera.

Hadirnya mantan pemain Bali United tersebut diharapkan bisa memperbaiki kinerja sisi flank Kabau Sirah, yang pada leg pertama lalu kurang optimal. Khusususnya dalam hal bertahan. Pada laga tersebut, PS Tira kerap memanfaatkan sisi kanan atau kiri untuk menembus pertahanan Semen Padang FC.

”Kemungkinan (Syaiful Indra Cahya) bakal dibawa (ke kandang PS Tira). Mudah-mudahan kita bisa memanfaatkan tenaganya,” tukas Welliansyah. Syaiful Indra Cahya sendiri kemarin terlihat menjalani sesi latihan secara penuh. (cip)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rindu Aremania, Arema Turunkan Harga Tiket


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler