Pidato Puan di Puncak Bulan Bung Karno jadi Sinyal PDIP Solid Memenangkan Ganjar

Minggu, 25 Juni 2023 – 17:33 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bersama Bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat menghadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai pidato Puan Maharani saat puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK), menunjukkan Ketua DPP PDI Perjuangan itu tidak punya masalah terhadap penetapan Ganjar Pranowo jadi Bakal Capres 2024.

Dia bahkan mengatakan Puan saat pidato di acara itu juga menunjukkan sinyal untuk satu barisan memenangkan Ganjar sebagai Presiden pada 2024.

BACA JUGA: Puan Sebut Ganjar Tokoh Paling Spesial, Lalu Bergandengan Tangan, Kader PDIP Langsung Bereaksi, Riuh

"Terlihat sekali dari pilihan kata-kata, momen yang ingin dibangun melalui Mas Ganjar dipanggil, diberikan kesempatan berbicara, dan kemudian ditutup lagi oleh Mbak Puan, angkat tangan, dan penekanan pemenangan Ganjar Pranowo sebagai presiden," kata Toto -sapaan Yunarto Wijaya kepada awak media, Minggu.

Dia mengatakan langkah Puan untuk memenangkan Ganjar sebenarnya sudah dimulai beberapa pekan sebelum puncak peringatan BBK.

BACA JUGA: Detik-Detik Bambang Rukminto Ditodong Airsoft Gun, Pelaku Minta Ini

Semisal, Puan berupaya menggaet partai lain seperti Demokrat untuk masuk barisan parpol pendukung Ganjar pada Pilpres 2024.

"Itu sudah dilakukan oleh Mbak Puan juga ketika misalnya bertemu dengan Mas AHY. Menunjukkan kelenturan bertemu dengan partai-partai lain," katanya.

BACA JUGA: Ganjar Blusukan ke Pademangan Barat, Terima Aspirasi soal Air Bersih hingga Akses Kesehatan

Toto tidak memungkiri bahwa Puan selama ini menanggung beban opini publik yang menganggap ketua DPR RI itu menjadi pihak yang tidak puas dengan penetapan Ganjar sebagai Bakal Capres 2024.

Namun, pidato politik Puan ketika di puncak peringatan BBK menjawab semua keraguan publik terhadap posisi politik cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu.

"Mbak Puan ingin menjawab, kami solid, dan saya sudah tegak lurus untuk memenangkan Ganjar. Faksionalisasi sudah selesai," ujar Toto.

Sebelumnya, Puan memberi sapaan khusus kepada Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo yang disebutnya sebagai sosok paling istimewa. 

Puan juga membakar semangat kader PDIP memenangkan Pileg 2024 dan Ganjar sebagai Presiden RI.

Hal itu disampaikan Puan saat berpidato di puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (24/6). 

Puan di awal pidato menyapa para pemimpin bangsa yang hadir di puncak peringatan BBK yang bertema Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya.

Puan terekam menyapa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Maruf Amin, dan para ketum partai politik yang hadir. 

Dia juga menyapa para pengurus partai dari seluruh Indonesia yang hadir, para anggota fraksi PDIP, para kepala daerah, dan terakhir menyebut nama Ganjar.

"Last but not least, yang terakhir tapi yang paling istimewa buat saya, paling tidak buat Mbak Puan, calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo,” ucap Puan yang disambut riuh ratusan ribu kader yang hadir di Stadion Utama GBK.

Bukan hanya menyapa saja, di tengah-tengah pidatonya pun sempat memberikan kesempatan Ganjar untuk maju berpidato. 

Ganjar langsung beranjak dari tempat duduknya dan berlari dari posisinya, yang duduk di samping putra Megawati, M. Prananda Prabowo yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan.

Usai Ganjar menyampaikan pidatonya, Gubernur Jawa Tengah itu dan Puan bergandengan tangan, sembari mengajak kader PDIP untuk memenangkannya di Pemilu 2024

Perayaan Puncak BBK 2023 dihadiri setidaknya lebih dari 100 ribu kader PDIP. Sejumlah tokoh elite nasional yang penting juga turut hadir. 

Termasuk, Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo yang hadir lebih awal dan bersama Megawati serta putranya M.Prananda Prabowo demi menyambut tamu.

Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, hingga Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo juga hadir di lokasi. 

Sementara itu, PKB diwakilkan oleh Wakil Ketua Umumnya Jazilul Fawaid, karena ketum mereka Muhaimin Iskandar sedang naik haji.

Tampak juga hadir di acara puncak peringatan BBK, yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono.

Kemudian ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang juga hadir di lokasi. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler