Pilgub Sulteng 2024, Skala Data Indonesia: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi

Minggu, 26 Mei 2024 – 10:40 WIB
Pilkada Serentak 2024. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Skala Data Indonesia merislis hasil survei terkait dinamika Pemilihan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) pada Sabtu (25/5/2024).

Survei digelar pada 1- 10 Mei 2024 dengan metode wawancara tatap muka langsung terhadap 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen.

BACA JUGA: Debat II Pilgub Sulteng 2020, Rusdy-Mamun Hadirkan Solusi Bukan Janji

Survei ini memotret banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat termasuk persaingan elektoral menjelang Pilgub pada November 2024,” ujar Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam melalui keterangan tertulisnya.

Dia menyebut tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Rusdy Mastura masih bagus, yakni 52,2 persen.

BACA JUGA: PDIP Sulsel Harap Pilkada 2024 Tidak Diwarnai Intervensi Kekuasaan

Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

“Survei ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang. Sebanyak 22 persen akan terpengaruh politik uang dan sebesar 44 persen menyatakan tidak terpengaruh,” kata Arif Nurl Imam.

BACA JUGA: Pilkada 2024: Agus Sutiadi Ajak Generasi Muda Bersama Membangun Kabupaten Tangerang

Menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama sosok tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam  bursa Pilgub. Nama Rusdy Mastura, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas lumayan bagus.

“Rusdy Mastura unggul dengan 15,1 persen disusul Ahmad Ali sebesar 11 persen, Anwar Hafid 9,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 5 persen,” uja Arif.

Sementara itu, jumlah pemilih yang menyatakan belum memiliki pilihan sebesar 23,3 persen, menjawab tidak tahu sebesar 36 persen.

Artinya, lanjut Arif masih banyak pemilih yang tak bertuan yang akan menjadi ladang perebutan simpati para tokoh yang akan berkontestasi.

Rusdy Mastura, menurut Arif, sejatinya memiliki modal politik yang cukup besar lantaran merupakan petahana, selain memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang lumayan tinggi. Sementara Ahmad Ali memiliki basis besar di Morowali dan sekitarnya.

“Oleh karena itu, petahana Rusdy Mastura jika maju kembali memiliki modal besar untuk memenangkan Pilgub Sulteng nanti dan bersaing dengan Ahmad Ali,” tegas Arif.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler