Pilih Jurusan Sesuaikan Nilai

Rabu, 13 Februari 2013 – 10:58 WIB
PADANG--Siswa kelas XII SLTA tengah disibukkan melakukan pendaftaran online untuk SNMPTN 2013. Sistem yang diterapkan tahun ini jauh berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, pendaftaran dilakukan dengan sistem online. Siswa tidak perlu lagi membeli formulir pendaftaran dan berdesak-desakan mengembalikan formulir.

Sesuai dengan jadwal, dari 1 Februari hingga 8 Maret mendatang siswa melakuan pendaftaran dengan memilih jurusan di PTN yang mereka inginkan. Pengakuan siswa SMAN 10 Padang, Ratna kalau sistem online yang diterapkan tahun ini membuat banyak kemudahan yang didapatkannya. Pasalnya, dari cerita temanya beberapa tahun lalu, pendaftaran dengan membeli formulir harus berdesak-desakan.

“Saya sudah memilih jurusan yaitu kedoteran di UI dan Unand. Saya harap, bisa diterima nantinya. Saat ini saya masih menunggu hasil seleksi dan fokus pada UN,” ujarnya.

Sebelum melakukan pendaftaran, dia telah mencoba bertanya pada sejumlah guru. Dengan nilai rata-rata rapor 9,5 dia yakin bisa memperoleh kesempatan kuliah, setidaknya di Kedokteran Unand. Meskipun jadwal pendaftaran masih lama, remaja ini sengaja melakukan pendaftaran cepat merasa yakin dengan nilai yang dimiliki sangat memuaskan. 

Hal berbeda dilakukan Silviani siswa SMAN 4 Padang, dia mengaku belum melakukan pendaftaran karena masih bimbang memilih jurusan apa yang akan dipilihnya. Meskipun nilai rapornya 9,2 tapi dia belum yakin untuk memilih jurusan favoritnya yaitu Fisika. Rencananya dia memilih UGM, atau UI. Tapi dari saran guru dan teman-temanya untuk memilih Unand, membuat remaja ini ragu.

Rencananya, dia akan melakukan pendaftaran seminggu sebelum pendaftaran ditutup. “Teman-teman sudah ada yang mendaftar. Tapi saya masih menunggu diakhir pendaftaran saja,” ujarnya.

Kepala SMAN 10 Padang, Jurfi Siry menjelaskan kalau di sekolah telah ada pembekalan pada siswa untuk memilih jurusan sesuai dengan kemampuan yang dilihat darin nilai. Ini dilakukan untuk memudahkan agar siswa tidak menyiayiakan kesempatan yang ada. Diakui Jufri, siswa diberi kesempatan untuk melakukan pendaftaran sendiri.

“Meskipun sendiri dilakukan baik di sekolah maupun luar sekolah oleh siswa, tapi sebelumnya melalui guru telah diberi pemahaman pada siswa dalam memilih jurusan,” ulasnya.

Terpisah, Humas UNP yang juga panitia SNMPTN 2013, Amril Amir menjelaskan untuk saat ini belum dikeyahui berapa jumlah peserta yang mendaftar. Tapi pendaftaran sudah dilakukan dan siswa juga telah ada yang mendaftar. Dengan sistem online ini tidak ada dilakukan pungutan atau biaya pendaftaran.

Amril juga menyarankan pada siswa untuk selektif dalam memilih jurusan. Kalau nilai bagus, tentu ada kesempatan bersaing dengan siswa lain. Pasalnya, seleksi dilakukan berdasarkan nilai siswa tidak ada ujian tulis. (ek)

JADWAL SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013

BACA ARTIKEL LAINNYA... PTN Hati-hati Susun SPP Tunggal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler