Pilihan Aplikasi untuk Membuat Kartu Lebaran Digital

Rabu, 12 Mei 2021 – 14:21 WIB
Ilustrasi pilihan aplikasi di Play Store. Foto: Phone Arena

jpnn.com, JAKARTA - Pada masa pandemi covid-19 dan diberlakukannya pelarangan mudik lebaran, kartu ucapan Idulfitri versi digital bisa menjadi alternatif bersilaturahmi.

Agar tidak monoton hanya sekadar mengirimkan pesan ucapan Idulfitri 1442 H, ada baiknya membuat ucapan yang lebih menarik.

BACA JUGA: Mensos Meluncurkan Aplikasi e-Perfomance, Alat Ukur Setiap Kinerja ASN

Salah satunya dengan membuat kartu lebaran digital melalui aplikasi yang banyak tersedia di platform android maupun iOS.

Namun, perlu diingat sebelum memasang aplikasi ada baiknya cermati izin apa saja yang diminta dan apakah akses tersebut sesuai dengan fungsi aplikasi.

BACA JUGA: BMKG Imbau Warga DKI Jakarta Waspada pada H-1 Lebaran

Berikut tiga aplikasi yang cocok untuk membuat kartu lebaran digital:

1. Canva

BACA JUGA: Ribuan Pengikut Tarikat Syattariyah Rayakan Idulfitri Hari Ini

Aplikasi ini menjadi andalan untuk membuat kartu digital, termasuk untuk kartu Lebaran. Setelah memasang aplikasi dan login, cari templat kartu Lebaran dengan mengetik kata kunci seperti "Eid Al Fitr" dan "Idulfitri".

Pilih gambar yang diinginkan, tambahkan teks atau gambar lain yang diinginkan. Simpan kartu yang selesai dibuat, kemudian bagikan ke keluarga dan teman melalui aplikasi pesan instan.

2. PicsArt

Aplikasi menyunting gambar PicsArt cukup mudah digunakan, termasuk untuk membuat kartu lebaran.

Pengguna bisa memilih templat yang tersedia di PicsArt atau berkreasi membuat gambar sendiri dengan memasukkan berbagai objek ke kertas gambar virtual.

PicsArt menyediakan versi berbayar untuk layanan yang lebih lengkap. Kartu Lebaran digital dari PicsArt bisa disimpan ke galeri ponsel untuk dikirimkan melalui pesan singkat atau email.

3. FilmoraGo

Jika ingin tampil beda, buat ucapan lebaran dengan video pendek dengan bantuan aplikasi FilmoraGo. Rekam ucapan selamat Idulfitri dengan kamera ponsel, tambahkan dengan gambar lain saat menyunting di aplikasi FilmoraGo.

Jika ingin membuat pesan lebaran melalui video, usahakan durasi jangan terlalu panjang agar ukuran berkas tidak terlalu besar ketika dikirim lewat aplikasi pesan instan. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alhamdulilah, Ribuan Perusahaan di Jateng Sudah Bayar THR Lebaran


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler