Pilkada 2024: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Calon Wali Kota Bandung

Jumat, 27 September 2024 – 13:59 WIB
Elektabilitas pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Farhan - Erwin menempati posisi teratas hasil survei Charta Politika Indonesia. Ilustrasi Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com -  

KOTA BANDUNG – Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung pada Pilkada 2024.

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Teken Kesepakatan dengan Paslon Bermarwah di Pilkada 2024, Ini Isinya

Elektabilitas Farhan – Erwin menempati posisi teratas untuk periode 10 – 17 September 2024.

Paslon nomor urut 03 yang diusung partai NasDem dan PKB itu meraih 34,5 persen, unggul atas tiga paslon lain yakni Haru Suandharu – Dhani Wirianata, Arfi Rafnialdi – Yena Iskandar Ma’some, dan Dandan Riza Wardana – Arif Wijaya.

BACA JUGA: Bawaslu: Isu SARA Masih Rawan Terjadi di Pilkada 2024

"Pasangan Muhammad Farhan-Erwin mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata. Berikutnya ditempati pasangan Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dengan elektabilitas berimbang dengan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya," kata Peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka, jumlah sampel 600 responden dan margin of error (MoE) 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Polda Sumbar Sudah Petakan Daerah Rawan pada Pilkada 2024

Dilihat dari sisi usia, Muhammad Farhan-Erwin, unggul di pemilih pemula dan pemilih muda.

Adapun pasangan Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata relatif unggul di pemilih dewasa.

Sedangkan Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem cukup berimbang dengan Dandan Riza Wardana – Arif Wijaya.

"Sampai dengan saat ini, Muhammad Farhan-Erwin unggul di segmen pemilih usia 17 sampai 45 tahun. Sementara Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata relatif unggul pada pemilih di atas usia 50 tahun," ujar Ardha Ranadireksa, dikuti dari JPNN Jabar.

"Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya cukup berimbang dalam beberapa segmen usia yang ada," sambung dia.

Lebih lanjut, survei yang dilakukan juga memotret sejumlah permasalahan di Kota Bandung yang dinilai menjadi prioritas untuk diselesaikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung periode mendatang.

Seperti halnya beberapa permasalahan yang ada di kota lain, kemacetan, kebersihan, banjir ataupun kepadatan penduduk, juga dinilai sebagai permasalahan prioritas di Kota Bandung.

"Selain itu, responden juga menilai keberadaan geng motor/ormas yang meresahkan juga menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh Wali Kota-Wakil Wali Kota mendatang," terangnya.

Adapun persentase elektabilitas pasangan Pilwakot Bandung berdasarkan survei Charta Politika Indonesia, periode 10-17 September 2024 ini sebagai berikut:

Paslon Nomor Urut 01, Dandan-Arif 14,5 persen

Paslon Nomor Urut 02 Haru-Dhani 26,8 persen

Paslon Nomor Urut 03 Farhan-Erwin 34,5 persen

Paslon Nomor Urut 04 Arif-Yena 15,2 persen. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler