Pilkada Jabar, PAN Hormati Golkar yang Mengusung Dedi Mulyadi

Minggu, 04 Agustus 2024 – 14:25 WIB
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Partai Golkar mengusung Dedi Mulyadi maju sebagai calon gubernur Jawa Barat di Pilkada Jabar 2024. 

Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Partaonan Daulay mengaku menghormati keputusan Golkar yang mengusung Dedi.

BACA JUGA: PAN Bicara Peluang Kadernya Ikut Berkompetisi Setelah Golkar Dukung Dedi Mulyadi

Saleh menilai keputusan itu sudah didasarkan atas analisis, kajian, dan penelitian serius sehingga diharapkan dapat mendatangkan kebaikan pula untuk Pilkada Jakarta.

"Secara politik, kami menghormati langkah Golkar. Keputusan itu tentu telah didasari oleh kajian dan analisis mendalam. Termasuk simulasi kontestasi yang akan terjadi di Jakarta dan Jabar," kata Saleh dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (4/8).

BACA JUGA: Bilah Terakhir Garuda Terpasang di Istana IKN, Bukti Dedikasi Nyoman Nuarta

Saleh mengatakan PAN akan mempelajari terlebih dahulu keputusan Golkar tersebut. Menurut dia, PAN akan ikut serta memberikan dukungan jika dinilai membawa kemenangan dan kebaikan.

Namun, dia menegaskan apabila ada alternatif peluang maka partainya akan tetap mengupayakan kadernya ikut berkontestasi pada Pilkada Jawa Barat.

BACA JUGA: Irjen Dedi: Kuota Khusus-Rekpro di Seleksi Pusat Taruna Akpol Dihapus

"PAN punya kewajiban mendorong kadernya. Tentu kami akan melihat peluang untuk tetap bisa ikut berkompetisi. Kalau bisa ya di Jakarta dan Jabar. Kalau tidak, minimal salah satu, atau paling tidak di Jawa Barat," tuturnya.

Dia membeberkan PAN memiliki sejumlah nama yang layak untuk maju pada Pilkada Jawa Barat, di antaranya Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari hingga mantan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Kami punya kader yang layak didorong. Di Jakarta ada Zita Anjani dan Eko Patrio. Sementara untuk di Jabar, ada Desy Ratnasari dan Bima Arya. Mereka ialah kader senior di PAN dan sudah punya pengalaman," katanya.

Dia pun berharap PAN memiliki peran strategis yang dapat dikerjakan sebab semua pihak perlu dilibatkan untuk kerja sama memenangkan kontestasi pilkada, utamanya di Jawa Barat dan Jakarta.

"PAN tentu akan senang jika ada pembicaraan lanjutan terkait pilkada ini. Terutama untuk pilkada Jakarta dan Jawa Barat. Bagaimanapun, kedua pilkada itu adalah barometer keberhasilan pilkada dalam konteks nasional," kata dia.

Sebelumnya, Jumat (2/8), Partai Golkar meminang mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi, maju menjadi calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Hal tersebut dipastikan seusai pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar Jabar di Kota Bandung pada Jumat malam.

"Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Singgih. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler