Pilgub Jabar 2024

PAN Bicara Peluang Kadernya Ikut Berkompetisi Setelah Golkar Dukung Dedi Mulyadi

Minggu, 04 Agustus 2024 – 13:33 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan parpolnya mengapresiasi dan menghormati keputusan Partai Golkar mendukung Dedi Mulyadi di Pilkada Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar).

Saleh menilai keputusan parpol pimpinan Airlangga Hartarto tentu sudah didasarkan atas analisis, kajian, dan penelitian serius.

BACA JUGA: Bang Saleh Dukung Keputusan Muhammadiyah soal Pengelolaan Tambang

Dia pun berharap keputusan Golkar di Pilgub Jabar itu juga mendatangkan kebaikan buat Pilkada Jakarta.

"Secara politik, kami menghormati langkah Golkar. Keputusan itu tentu telah didasari oleh kajian dan analisa mendalam. Termasuk simulasi kontestasi yang akan terjadi di Jakarta dan Jabar," ujar Saleh melalui pesan WhatsApp, Minggu (4/8).

BACA JUGA: Dedi Mulyadi Didukung Prabowo Mania Jadi Gubernur Jabar

Sebagai parpol, katanya, PAN akan mempelajari keputusan itu. Jika dinilai membawa kemenangan dan kebaikan, parpol pimpinan Zulkifli Hasan tentu akan ikut serta dalam memberikan dukungan.

Namun, katanya, bila ada alternatif yang masih membuka peluang bagi kader PAN untuk maju, maka hal itu akan sangat diharapkan partainya, terutama sekali di pilkada Jawa Barat.

BACA JUGA: Rekrutmen CASN 2024 di Batang, Formasi untuk PPPK Guru Terbanyak Nih

"PAN punya kewajiban mendorong kadernya. Tentu kami akan melihat peluang untuk tetap bisa ikut berkompetisi. Kalau bisa, ya, di Jakarta dan Jabar. Kalau tidak, minimal salah satu. Atau paling tidak di Jawa Barat," tutur Saleh.

Mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah itu lantas mengatakan bahwa PAN punya kader yang layak didorong untuk Pilkada Jakarta maupun Pilgub Jabar.

"Di Jakarta ada Zita Anjani dan Eko Patrio. Sementara untuk di Jabar, ada Desy Ratnasari dan Bima Arya. Mereka adalah kader senior di PAN dan sudah punya pengalaman," ujar anggota DPR dari Dapil II Sumut itu.

Saleh menambahkan bahwa PAN bakal senang jika ada pembicaraan lanjutan terkait pilkada ini. Terutama untuk Jakarta dan Jawa Barat.

Sebab, pilkada di kedua wilayah itu menurunya menjadi barometer keberhasilan pemilihan kepala daerah dalam konteks nasional.

"Semoga ada peran strategis yang bisa dikerjakan oleh PAN. Diperlukan kerja sama yang luas untuk menang. Karena itu, semua pihak perlu dilibatkan," ujar Saleh Daulay.(fat/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler