Pilot Asing Harus Sudah Terbang 250 Jam

Senin, 28 Januari 2013 – 22:24 WIB
JAKARTA-- Kementerian Perhubungan akan memperketat persyaratan bagi pilot asing untuk bisa menjadi pilot di Indonesia. Saat ini setidaknya sudah ada sekitar 600 pilot asing dari 6 ribu pilot secara keseluruhan.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti, aturan yang sedang diwacanakan yaitu dengan mematok syarat jam terbang pilot asing sebelum menjadi pilot di Indonesia.

"Ada wacana mereka (pilot asing) mengenai jam terbang. Mereka yang baru lulus, tidak boleh langsung masuk sini. Mereka harus terbang 250 jam sebelum jadi pilot di Indonesia. Ini sedang diwacanakan," ujar Herry di Gedung JCC, Jakarta, Senin (28/1).

Tujuan diberlakukan aturan tersebut, agar pilot-pilot yang baru lulus di luar negeri tidak mencari jam terbang di Indonesia.

Selain itu, Herry juga mengatakan pilot di Indonesia saat ini sudah ada yang terbang melebihi ketentuan yang telah ditetapkan. Setidaknya ada 30 pilot yang melakukan itu.

"Sudah ada 30 pilot yang digrounded sebagai hukuman, karena memang melebihi jam terbang yang ditetapkan," tukasnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Politisi Golkar Didakwa Korupsi Alquran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler