Pimpin Klasemen

Senin, 20 Februari 2012 – 08:24 WIB

BOJONEGORO - Persibo Bojonegoro akhirnya berhasil menggeser pemuncak klasemen sementara kompetisi Indonesian Premier League (IPL) Semen Padang. Kepastian tersebut didapat setelah Persibo mampu menahan seri tim tamu, PSM Makassar 1-1 (0-0) dalam pertandingan tadi malam (19/2) di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro.

Pada saat yang sama PS Semen Padang ditaklukkan Persijap Jepara 0-1 di Stadion Bumi Kartini, Jepara, tadi malam. Dengan hasil ini Persibo mengumpulkan nilai 17, dari 9 laga, dengan lima kali menang, dua seri, dan dua kali kalah. Sementara Semen Padang melorot ke posisi kedua dengan nilai 16, hasil dari 9 kali laga, dengan empat kali menang, empat seri, dan sekali kalah.   

Tampil dibawah pendukungnya sendiri Boromania, serta dengan kekuatan full team membuat Persibo menyerang langsung dari menit pertama. Dalam pertandingan tersebut pelatih Paulo Camargo menempatkan tiga striker sekaligus, yaitu Jairon Feliciano, Samsul Arif, dan Wahyu Teguh.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Persibo nyaris unggul di menit awal. Saat itu striker Samsul Arif mencoba melakukan penetrasi dengan melewati tiga pemain PSM dan akhirnya harus dilanggar pemain belakang Satrio Syam. Sehingga wasit menunjuk titik putih.

Namun kesempatan tersebut tidak dimanfaatkan striker Jairon Feliciano sebagai algojo tendangan penalti. Tendangan yang diarahkan di sudut kiri, masih bisa ditepis penjaga gawang Deny Marcel. "Saya sangat kecewa, sebenarnya kita bisa unggul di awal pertandingan," kata pelatih Paolo Camargo yang didampingi Asisten Pelatih Wenderlay Junior.

Sehingga sampai wasit meniup peluit di babak pertama skor 0-0. Sebelumnya, di babak pertama jual beli serangan terjadi mulai menit pertama. Namun masing-masing tim tidak dapat mencetak gol. Tim PSM nyaris mencetak gol pada menit 30, tetapi tendangan striker PSM Makassar Rahmat melebar di sebelah kanan kiper Persibo Fauzi Toldo, usai melewati stoper Leke Anderson.

Di babak kedua, Persibo menerapkan permainan yang terbuka dan lebih bersabar untuk menyerang. Sehingga, Laskar Angling Dharma mampu memimpin lebih dulu di menit 60 lewat gol Wahyu Teguh.

Gol Wahyu Teguh tersebut lahir akibat dari umpan terobosan dari Samsul Arif. Kemudian tanpa pengawalan dan hanya berhadapan dengan kiper Deny Marcel. Pemain bernomor punggung 19 tersebut mampu menggetarkan menggantarkan gawang PSM Makasar. "Di babak pertama mereka bertahan dengan delapan pemain di kotak penalti. Sehingga kami tidak dapat mencerak gol, selain itu juga kami kurang sabar," katanya.

Wenderley mengatakan, pemain Persibo memang sulit membongkar pertahanan lawan pada babak pertama. Sebab, PSM Makassar memiliki kualitas pemain yang bagus dan berpengalaman. "Sehingga harus lebih bersabar pada babak kedua," ujarnya.

Meski demikian, gol yang lahir tersebut membawa protes dari kubu PSM Makassar. Sehingga pertandingan harus dihentikan selama lima menit.

Menurut kubu PSM Makasar, sebelum gol tersebut lahir, ada salah satu pemain PSM Makassar yang terkena lemparan botol dari penonton. "Seharusnya wasit dapat melihat tersebut," terang pelatih PSM Makasar Petar Segrt.

Namun, akhirnya pertandingan dilanjutkan. Alhasil PSM Makassar mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Saat itu, gol lahir melalui sundulan pemain belakang Kwon Jun dari servis tendangan pojok pada menit ke 79. "Kita coba bangkit dan akhirnya mampu mengejar ketinggalan," paparnya. (haf/fiq)

Data dan Fakta

Persibo : 1
Pencetak Gol : Wahyu Teguh (60)
Kartu Kuning: Aang Suparman (12), Mekan Nasirov (13), Jajang Paliama (28), Samsul Arif (31), Leke Anderson (88)
Kartu Merah: -
Pemain : Fauzi Toldo (g), A?ang Suparlan, Leke Anderson, Hari Syaputra, Novan Setya, Jajang Paliama, Mekan Nasirov, Gustavo Hernan Ortiz, Samsul Arif (c), Jairon Feleciano/Syahroni (86), Wahyu Teguh
 
PSM Makassar : 1
Pencetak Gol :  Kwon Jun (79)
Kartu Kuning: Satrio Syam (3), Hendra Wijaya (32), Fandy Edy (83)
Kartu Merah: -
Pemain: Deny Marcel (g), Satrio Syam, Hendra Wijaya, Kwon Jun, I Ketut Mahendra, Rasyid Bakri, Fandy Edy, M. Jufri/Qifli Tamara (73), Andi Oddang (c)/Ismail (90), Rahmat/Kaharudin (73), Ilija Spasojevic

Wasit : Faulur Rosi dari Jakarta
Cuaca: Cerah
Penonton: 13 ribu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Target Comeback di El Clasico


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler