PINGKAN Indonesia: Lestarikan Budaya Nusantara

Minggu, 05 Juni 2022 – 22:32 WIB
Ketua Umum DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia Ibu Penny Marsetio memberikan sumbangan seperangkat alat musik Kolintang di Rusunawa Cakung Barat Kelurahan Cakung Barat Kecamatan Cakung Jakarta Timur pada Minggu (5/6/2022). Foto: Dok. Pinkang Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia Ibu Penny Marsetio mengajak masyarakat untuk melestarikan dan menjaga budaya nusantara.

Ibu Penny menyampaikan hal itu saat memberikan sumbangan seperangkat alat musik Kolintang di Rusunawa Cakung Barat Kelurahan Cakung Barat Kecamatan Cakung Jakarta Timur pada Minggu (5/6/2022).

BACA JUGA: Gelar Wayangan, PDIP Ajak Rakyat Cinta pada Budaya Nusantara

“Untuk melestarikan dan menjaga budaya Nusantara agar dicintai oleh bangsanya sendiri harus dilakukan sejak dini,” ujar Penny Marsetio.

Menurut Penny, salah satunya dengan cara mengenalkan kepada generasi muda atau generasi milenial.

BACA JUGA: Lomba Berselawat Diiringi Musik Kolintang, Nih Pemenang Piala Bergilir Menteri Agama

Upaya ini dilakukan oleh ibu Penny Marsetio selaku Ketua Umum PINKAN Indonesia dengan memberikan sumbangan alat musik Kolintang untuk warga Rusunawa Cakung Barat.

Penny Marsetio menyampaikan alat musik Kolintang adalah milik bangsa Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Pingkan Indonesia Gelar Lomba Virtual Lagu Nasional Musik Kolintang

Dia mengingatkan pentingnya menjaga dan melestarikannya.

PINKAN Indonesia telah melaksanakan beberapa lomba tingkat nasional sehingga ke depan sanggar atau grup musik dari Rusunawa bisa ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang akan datang.

Menurut dia, dengan bermusik kita bisa berkeliling dunia untuk memperkenalkan musik Kolintang sampai ke mancanegara.

Ibu Penny Marsetio menyerahkan alat musik Kolintang kepada Pembina Kerukunan Keluarga Rusunawa Cakung disaksikan oleh Ketua RT dan warga sekitarnya.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan maestro musik Indonesia Dwiki Dharmawan yang memainkan beberapa lagu yang berkolaborasi dengan para Pelatih Kolintang.

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu maestro musik Indonesia Dwiki Dharmawan, para Pengurus DPP PINKAN Indonesia, dan para pelatih Kolintang.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler