PIS Bantu Sistem Irigasi Bertenaga Surya di Cagar Biosfer Komodo

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 03:26 WIB
PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan pemanfaatan energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan menyediakan pompa air bertenaga surya di Dusun Compang Desa Golo Mori, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu, (11/8). Foto dok PIS

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan pemanfaatan energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan menyediakan pompa air bertenaga surya di Dusun Compang Desa Golo Mori, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu, (11/8).

Penyediaan pompa air bertenaga surya ini merupakan salah satu inisiasi program Desa Energi Berdikari (DEB) oleh PIS.

BACA JUGA: Mau Berinvestasi dengan Mudah? Begini Cara Nabung Emas di Pegadaian

Desa Golo Mori merupakan desa pesisir di wilayah selatan Flores Bagian Barat yang berbatasan langsung dengan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

Sedangkan Dusun Compang merupakan salah satu dusun di Desa Golo Mori yang menjadi area percontohan atau demonstration plot (demplot) untuk penyediaan sarana perairan untuk agrikultur di area Taman Nasional Komodo atau Program Water for Agriculture yang bekerjasama dengan Komodo Water, sebuah organisasi nirlaba.

BACA JUGA: Gandeng B Shipping, PIS Perkuat Bisnis Angkutan LPG

Di Demplot ini diberikan metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan pengaruh intervensi teknologi terhadap tanaman.

Tua Golo (ketua adat) Dusun Compang Muhammad Tayeb menyambut antusias program bantuan ini karena sangat membantu masyarakat petani di Dusun Compang.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Raih Penghargaan K3 dari Pemprov Kaltim

"Kami atas nama warga Dusun Compang sangat berterima kasih atas bantuan ini, harapannya dengan adanya pompa air bertenaga surya ini dapat meningkatkan hasil pertanian yang di dominasi oleh sayur mayur untuk dimanfaatkan oleh warga kami mengingat kendala kami disini sebagian besar terkait air bersih," ujar Tayeb.

Penyerahan bantuan ini dilakukan simbolis oleh Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra yang disaksikan oleh warga Dusun Compang.

"Kami hadir di sini untuk memberikan bantuan yang memang sangat dibutuhkan oleh warga Dusun Compang, semoga dengan adanya pemanfaatan pompa air bertenaga surya untuk demplot pertanian ini dapat meningkatkan produksi sayur mayur dusun ini dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga," ungkap Eka.

Pemanfaatan pompa air bertenaga surya ini digunakan untuk perairan pertanian di 4 Demplot dengan total kapasitas PLTS terpasang sebesar 1.580 Wp dengan penerima manfaat sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK).

Program Desa Energi Berdikari ini merupakan bagian dari program besar BerSEAnergi untuk Laut oleh PIS, khususnya yang menyasar pada kesejahteraan masyarakat pesisir.

Program ini juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs).(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler